Untag Gandeng Stikes BTH Tasikmalaya, Gelar Seminar Nasional Secara Online

Suasana jalannya seminar nasional secara online. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Setelah sukses melakukan seminar nasional secara online pada awal April 2020, kali ini Untag Semarang kembali mengadakan kegiatan sejenis dengan kapasitas jauh lebih banyak guna menjawab kebutuhan di lapangan.

Wakil Rektor 4, Prof Retno Mawarini menyampaikan bahwa seminar dan workshop nasional yang pernah dilakukannya pada awal April 2020 kemarin memang merupakan wujud kepedulian kampusnya terhadap kebutuhan untuk saling berkolaborasi di antara para peneliti dan penulis publikasi pada jurnal bereputasi internasional.

Sesaat setelah kegiatan pertama dianggap sukses, Untag Semarang menawarkan untuk menggunakan fasilitas zoomnya agar digunakan secara gratis bagi kampus-kampus lain yang ada di Indonesia.

Salah seorang peserta tengah melakukan percakapan online pada sesi tanya jawab. Foto:dok

Menurut coordinator kegiatan ini, Dr EkoNursanty atau biasa dipanggil Santy, kegiatan ini adalah bentuk kerja sama yang diawali secara virtual di masa pandemic Covid ini yang ditawarkan oleh Untag Semarang kepada seluruh kampus di Indonesia khususnya bagi para penelitinya yang sedang melakukan riset untuk melakukan berbagai kolaborasi penulisan dan publikasi paper ilmiah pada jurnal-jurnali nternasional bereputasi dan terindex SCOPUS.

Kegiatan kali ini bekerja sama dengan STIKES BTH Tasikmalaya yang dilakukan selama dua hari, 18-19 April 2020. Ruang zoom yang disediakan berkapasitas 1.000 peserta, namun demikian peserta yang telah melakukan registrasi secara online terdaftar sebanyak 1919 peserta. Untuk mengatasi hal ini, panitia melakukan upaya streaming pada channel khusus Café Scopus agar setengah dari para peserta tidak perlu kesulitan masuk ke dalam zoom namun bias langsung menikmati kegiatan seminar nasional ini secara streaming.

Santy juga menjelaskan, bahwa fasilitas yang  dimiliki Untag ini diberi brand sebagai “Café SCOPUS” yang menjadi wadah bertemunya para peneliti muda dari berbagai tempat di Indonesia untuk saling melakukan kolaborasi penelitian dan publikasi secara online di ruang virtual selama 24 jam. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here