69 Pasien COVID-19 OTG dari Kudus Dipindahkan ke Asrama Haji Donohudan, Diperkirakan Masih akan Bertambah

Asrama Haji Donohudan, di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Foto: yanuar

BOYOLALI (Jatengdaily.com) – Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali mulai menerima pasien COVID-19 dari Kabupaten Kudus yang jumlahnya meningkat tajam usai Lebaran.

Sedikitnya 69 pasien terkonfirmasi COVID-19 dari Kabupaten Kudus dipindahkan ke Asrama Haji Donohudan Minggu (6/6/2021) pukul 22.30 WIB dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Dokter Penanggung Jawab Isolasi Asrama Haji Donohudan Sigit Armunant, seperti dilansir laman resmi pemkab boyolali, menjelaskan bahwa sebagian besar pasien yang masuk ke Asrama Haji Donohudan merupakan orang tanpa gejala (OTG).

“Malam ini gelombang pertama pasien yang datang ke Donohudan ini berjumlah 69 orang. Sekitar jam 22.00-22.30 ini baru masuk dengan 21 orang perempuan dan 48 orang laki laki datang hari ini,” katanya.

Pasien OTG tersebut tetap akan menjalani pemeriksaan guna mendapatkan perawatan lebih lanjut oleh tim kesehatan. Pemeriksaan tersebut meliputi kadar oksigen dalam darah atau saturasi, denyut nadi, tekanan darah dan sebagainya selama tujuh hari.

“Yang jelas pasien ini nanti sesudah hari ketujuh itu akan kita tes ulang untuk PCR-nya mudah-mudahan sesudah hari ketujuh tersebut kita lihat hasilnya harapannya negatif semua,” terangnya.

Dipindahkannya pasien COVID-19 dari Kabupaten Kudus ke Asrama Haji Donohudan ini mengingat tempat karantina di Kabupaten Kudus yang kapasitasnya mulai penuh. Selain itu, dipilihnya Asrama Haji Donohudan dianggap mampu memberikan pelayanan kesehatan dengan lebih fokus. Artinya, para pasien COVID-19 bisa melakukan isolasi mandiri hingga kondisinya jauh lebih baik.

Asrama Haji Donohudan hingga saat ini dari 872 kapasitas tempat tidur yang dimiliki, telah terisi 112 pasien COVID-19 dari Soloraya dan 69 pasien COVID-19 dari Kabupaten Kudus. Jumlah ini diyakini akan masih akan terus bertambah, karena pasien COVID-19 dari Kabupaten Kudus akan melaksanakan isolasi mandiri di Asrama Haji Donohudan secara bertahap.

“Yang jelas disini kita tempatkan di salah satu gedung yang memang gedung itu kosong sehingga yang dari Kudus kita fokuskan disitu,” pungkasnya. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here