in

Andriy Shevchenko dan Zinchenko, Faktor Ukraina Catat Sejarah Piala Eropa

Olexandr Zinchenko memberi kontribusi lolosnya Ukraina setelah menang atas Swedia 2-1. Foto: twitter

GLASGOW (Jatengdaily.com) – Tak diperhitungkan sebelumnya, Ukraina berhasil memboyong tiket perempat final Piala Eropa (Euro) 2020, setelah menang dramatis 2-1 atas Swedia pada babak 16 besar di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia Rabu dinihari.

Peran pelatih Andriy Shevchenko dan pemain Olexandr Zinchenko, disebut-sebut menjadi faktor Ukraina mampu mencetak sejarah bagi sepak bola Ukraina, yang untuk pertama kalinya mencapai babak perempat final Euro.

Dalam laga Ukraina vs Swedia, Olexandr Zinchenko terpilih sebagai star of the match atau pemain terbaik dalam. Dia mencetak satu gol dan satu assist untuk timnas Ukraina saat mengalahkan Swedia 2-1 di Glasgow.

Zinchenko membuka gol Ukraina menit ke-27 lewat gol tendangan voli. Di pengujung babak tambahan kedua, Zinchenko kembali berperan dengan mengirim umpan silang yang disambut sundulan Artem Dovbyk, yang menjadi gol penentu kemenangan Ukraina.

Mantan kiper Republik Irlandia Packie Bonner yang bertugas sbagai peninjau teknis UEFA laga Swedia vs Ukraina memilih Zinchenko sebagai pemain terbaik. “Dia mencetak gol dan mengirimkan umpan silang brilian itu untuk gol kemenangan Ukraina,” kata Bonner dikutip laman resmi UEFA.

Zinchenko pun bertanggung jawab menorehkan sejarah bagi sepak bola Ukraina yang untuk pertama kalinya mencapai babak perempat final Euro.

“Ini momen bersejarah. Kepada semua orang saya mengajaknya merayakannya, kita hidup hanya sekali dan mungkin tidak akan merasakannya momen seperti ini lagi,” kata pemain Manchester City ini.

Zinchenko menyebut ini juga menjadi jawaban atas kritikan untuk tim Ukraina yang tampil tak meyakinkan dalam tiga pertandingan babak penyisihan Piala Eropa.

Faktor Shevchenko
Andriy Shevchenko tak dipungkiri memiliki andil besar terhadap sejarah Ukraina lolos perempat final Piala Eropa pertama kalinya. Pria 44 tahun itu juga akrab dengan catatan sejarah bagi timnas Ukraina sejak jadi pemain.

Andriy Shevchenko. Foto: twitter

Kali ini Shevchenko menjaadi pelatih pertama membawa Ukraina lolos ke perempatfinal Euro 2020. Di babak 16 besar, tim asuhannya menyingkirkan Swedia. Ukrain unggul lebih dulu lewat gol Oleksander Zhincenko pada menit ke-27, yang kemudian dibalas Emil Forsberg dua menit jelang babak pertama tuntas. Artem Dovbyk memastikan kemenangan Ukraina di menit ke-121.

Catatan sejarah lain, Shevchenko juga menjadi kapten pertama yang membantu Ukraina lolos ke perempatfinal Piala Dunia. Di Euro 2012, Ukraina juga menang 2-1 atas Swedia, di mana Shevchenko memborong dua gol kemenangan timnya di Olympic Stadium, Kiev.

Andriy Shevchenko juga menjadi salah satu pemain terbaik dunia maupun di Ukraina. Dia satu-satunya pemain Ukraina yang bisa memenangkan Ballon d’Or. Ia juga menjadi pencetak gol terbanyak timnasnya dengan catatan 48 gol.

Dia pun juga selalu menjadi tumpuan klub yang dibelanya untuk menjebol gawan lawannya. Mulai saat menjadi penyerang Dynamo Kiev, AC Milan, maupun Chelsea.

Tugas Andriy Shevchenko belum berakhir di Piala Eropa ini. Laga perempatfinal Piala Eropa di Stadion Olimpico Roma, Italia Sabtu (3/7/2021) bukan hal yang mudah untuk dijalaninya. Maklum Ukraina harus meladeni tim terbaik Piala Eropa saat ini, Inggris yang baru saja menumbangkan favorit juara Jerman. yds

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Pasar Simo Boyolali Ditutup, Buntut 12 Pedagang Positif COVID-19

Harry Maguire dan Raheem Sterling; Akrab Kritikan, Moncer di Laga Inggris vs Jerman