Polres Karanganyar pantau debit air Bengawan Solo. Foto: Polres Karanganyar

KARANGANYAR (Jatengdaily.com)- Hampir setiap sore menjelang malam hari, wilayah Kabupaten Karanganyar selalu diguyur hujan yang cukup lebat. Kondisi ini ditanggapi dengan baik oleh jajaran Polres Karanganyar dengan meningkatkan kegiatan patroli dan sambang ke wilayah yang sering kali mengalami musibah bencana alam dampak dari melimpahnya curah hujan.

Seperti yang dilakukan oleh jajaran Polsek Jaten dan Polsek Kebakkramat pada hari Selasa (23/11/2021) malam, melakukan pemantauan debit air di DAS (daserah Aliran Sungai) diwilayah masing masing.

Kapolres Karanganyar AKBP Muchammad Syafi` Maulla, S.Ik, M.H., melalui Kabag Ops Polres Karanganyar Kompol Joko Waluyono, A.Md, S.H., M.H., mengatakan personil Polsek Kebakkramat tadi malam melaksanakan pengecekan debit air di atas Jembatan Gading Grompol perbatasan Masaran Kebakkramat, begitu juga pesonil Polsek Jaten melaksanakan pengecekan volume air di Bengawan Solo.

Dikatakannya dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh personil kepolisian, diseluruh wilayah memang terjadi peningkatan volume air namun masih dalam batas wajar dan tidak menimbulkan ancaman banjir. Namun demikian Kabag Ops menekankan pihaknya tetap siaga mengadapi segala kemungkinan yang sewaktu waktu dapat terjadi.

“Kami tidak akan lengah dan tetap mensiagakan personil dan peralatan manakala terjadi hal buruk yang tidak kita inginkan, peralatan SAR Polres Karanganyar cukup lengkap dalam menangani SAR darat maupun SAR air berikut dengan personil personil yang telah dilatih secara serius.” Imbuhnya.

Sebagaimana telah diberitakan bahwa Polres Karanganyar telah memiliki personil personil dengan kualifikasi SAR Darat dan SAR Air serta memiliki unit anjing pelacak yang terlatih. Disamping peralatan sarana prasarana yang cukup memadai dan telah teruji manfaatnya beberapa saat yang lalu. she