Bantu Pelajar Isolasi Terpusat, Polres Purbalingga Dirikan Dapur Umum

Polres Purbalingga mendirikan dapur umum untuk membantu para pelajar menjalani isolasi terpusat karena posistif COVID-19. Foto: dok. polres purbalingga

PURBALINGGA (Jatengdaily.com) – Puluhan pelajar di Purbalingga Jawa Tengah menjalani isolasi terpusat di sekolah masing-masing, setelah diketahui positif COVID-19 pascates antigen.

Pihak Polres Purbalingga pun membantu dengan mendirikan dapur umum di halaman Polsek Mrebet, Rabu (22/9/2021). Dapur umum didirikan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan makanan siswa terpapar COVID-19 yang sedang menjalani isolasi terpusat di wilayah Kecamatan Mrebet.

Diketahui bahwa puluhan siswa dari dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Mrebet, Kabupaten PurbaIingga dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes antigen. Mereka kemudian menjalani isolasi terpusat di sekolah masing-masing.

Kabag Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Purbalingga Kompol Supriyanto saat melakukan pengecekan dapur umum mengatakan Polres Purbalingga melalui Satsamapta mendirikan dapur umum. Dapur umum didirikan untuk membantu kebutuhan makanan bagi siswa yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan sedang menjalani isolasi terpusat.

“Ini merupakan bentuk dukungan kepolisian bagi para siswa yang sedang menjalani isolasi terpusat. Harapannya para siswa bisa tetap semangat menjalani isolasi sehingga bisa cepat sembuh,” ucapnya.

Baca Juga: Ada Klaster PTM di Purbalingga, Ganjar Minta Bupati Lakukan Tracing

Dijelaskan bahwa untuk dapur umum hari ini personel dari Satsamapta melakukan kegiatan mulai menyiapkan peralatan, berbelanja bahan makanan, memasak dan menyiapkan makanan untuk selanjutnya dibagikan. Total ada sekitar 200 -250 paket makanan yang disiapkan untuk didistribusikan.

“Kita bekerja sama dengan sejumlah organisasi masyarakat dalam pendistribusian makanan dari dapur umum sampai ke para siswa di lokasi isolasi,” jelasnya.

Ditambahkan bahwa diharapkan dapur umum ini akan tetap mengawal distribusi makanan selama para siswa menjalani isolasi terpusat. Tentunya sambil melihat perkembangan situasi dan kondisi, harapannya semoga para siswa bisa segera sehat dan dinyatakan negatif COVID-19.

Vaksinasi Pelajar
Polres Purbalingga juga terus melaksanakan kegiatan vaksinasi untuk mendukung program percepatan vaksinasi yang dilakukan pemerintah, Rabu (22/9/2021). Dalam pelaksanaannya vaksinasi kali ini dilaksanakan di sekolah-sekolah dengan sasaran pelajar.

Wakapolres Purbalingga Kompol Sopanah saat mengecek vaksinasi mengatakan bahwa hari ini dilakukan kembali kegiatan vaksinasi oleh Polres Purbalingga. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan bagi para pelajar di sejumlah sekolah. Salah satunya di MTs Negeri 1 PurbaIingga.

“Selain mendukung program percepatan vaksinasi yang dilakukan pemerintah, kegiatan bertujuan meningkatkan imunitas siswa untuk persiapan pembelajaran tatap muka,” jelasnya.

Disampaikan bahwa salah satu persyaratan pembelajaran tatap muka diantaranya adalah vaksinasi bagi pelajar. Disamping persyaratan lain seperti ijin pelaksanaan tatap muka dari Ketua Satgas COVID-19.“Oleh karena itu, vaksinasi dengan sasaran pelajar akan terus dilakukan Polres Purbalingga,” ucapnya. yds