Beri Motivasi Kebudayaan, Gunoto akan Bicara soal Generasi Z

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Tengah Gunoto Saparie akan berbicara pada webinar Generasi Z dalam Bingkai Toleransi Budaya besok Sabtu, 25 September 2021. Webinar ini diselenggarakan oleh UKM Peduli Sosial Universitas Diponegoro Semarang bersamaan dengan Pameran Virtual Lukisan dan Foto dengan tema yang sama.

Ketua panitia Rahel Tiodora Ekaristy Hutapea mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, terutama generasi muda, terhadap toleransi kebudayaan yang ada di Indonesia. Selain itu, juga untuk memberikan dukungan dan dorongan bagi para aktivis kebudayaan.

“Kegiatan webinar ini juga untuk memberikan motivasi bagi para partisipan untuk terus berkarya mengharumkan nama bangsa. Termasuk menghindarkan sifat apatis generasi muda yang makin menjadi badai di tengah masyarakat multicultural,” katanya.

Sekretaris panitia Fara Nafila Putri menambahkan, sasaran dalam kegiatan ini terutama adalah generasi muda. Sedangkan sebagai pemandu adalah Hasna Nur R. “Pewaranya selain Salsabila Nazhifah adalah saya sendiri,” ujarnya.

Menurut Gunoto, generasi Z merupakan generasi yang paling muda yang baru memasuki angkatan kerja. Generasi Z lebih banyak berhubungan sosial lewat dunia maya. Sejak kecil, generasi ini sudah banyak dikenalkan oleh teknologi dan sangat akrab dengan smartphone dan dikategorikan sebagai generasi yang kreatif.

“Bagi generasi Z, informasi dan teknologi merupakan bagian dari kehidupan mereka. Mereka lahir ketika akses terhadap internet sudah menjadi budaya global. Hal ini tentu berpengaruh terhadap nilai dan pandangan hidup mereka, termasuk dalam hal toleransi budaya,” tandasnya.st