Concern Penanganan BBM Penerbangan, Pertamina Ikuti Diklat Aviasi di PPSDM Migas

Pertamina ikuti Diklat Aviasi di PPSDM Migas. Foto: ist

CEPU (Jatengdaily.com) – Untuk memastikan kompetensi tenaga kerja bidang pengendalian mutu bahan bakar penerbangan pada jabatan Supervisor Laboratorium, ITP Pengolahan, dan TBBM dan sebagai acuan dalam asesmen oleh LSP PPSDM Migas (Lembaga Sertifikasi Profesi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi) dan asesor kompetensi, maka pelatihan Aviasi Type B yang dilanjutkan oleh Sertifikasi harus dilakukan.

PPSDM Migas bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) Subholding Refinery & Petrochemical untuk menyelenggarakan pelatihan selama lima hari yang dimulai pada hari Selasa (9/8/21).

Suharno, pemimpin pelatihan ini menjelaskan bahwa peserta harus dapat melaksanakan serangkaian tugas yang berhubungan dengan Aviasi Type B.

“Peserta harus dapat melaksanakan kegiatan yang meliputi perencanaan, pengawasan, dan evaluasi penanganan BBM Penerbangan di Laboratorium, ITP Pengolahan, dan TBBM berdasarkan pada SOP yang berlaku,” jelasnya.

Suharno mengungkapkan bahwa tujuan pelatihan aviasi tipe B adalah menyiapkan pengetahuan, skill dan atittude bagi pengawas (supervisor).

“Selama lima hari ini mereka digembleng materi tentang Penanganan dan Penyimpanan BBM, Moda Transportasi Angkutan BBM, Pengukuran Manual Tangki Darat dan Kapal, Metering, Pengukuran Manual Tangki Darat dan Kapal, serta Perhitungan Volume Standar BBM sehingga pada akhirnya mereka mendapatkan pengetahuan, skill dan Atittude bagi pengawas (supervisor) pengelolaan dan pengendalian Mutu Bahan Bakar Khusus Aviasi,” tutupnya.

Sedangkan untuk program sertifikasi ini bertujuan untuk mengukur kompetensi pekerja di bidang penanganan mutu bahan bakar dan pelumas penerbangan (aviation), sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 286 Tahun 2016 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Pengendalian Mutu Bahan Bakar Minyak Penerbanga.

Meliputi perencanaan kegiatan penanganan Bahan Bakar Minyak Penerbangan (BBMP), penyiapan dan pengawasan operasi penanganan BBMP, serta operasi dan evaluasi penanganan BBMP dalam rangka menjaga kualitas bahan bakar penerbangan yang merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam menjamin keselamatan dalam dunia penerbangan. yds