Vaksinasi. Foto: setkab

SLAWI (Jatengdaily.com)- Tingginya antusiasme warga Kabupaten Tegal untuk mendapatkan suntik vaksin Covid-19 di tengah keterbatasan pasokannya, menjadikan daftar tunggunya semakin lama hingga 20 hari.

Hal tersebut telah disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berlangsung konferensi video pengarahan tentang Penanganan Covid-19 di Jawa Tengah.

Menanggapi itu, Ganjar berjanji akan memprioritaskan alokasi distribusi vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Tegal. “Saya nanti siapkan bu, begitu nanti muncul (datang) vaksinnya, saya prioritaskan juga untuk Kabupaten Tegal,” kata Ganjar.

Ia mengaku jika kendala pasokan pada program vaksinasi ini merupakan persoalan nasional dan dirinya telah menyampaikan permasalahan tersebut ke Presiden RI, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Menteri Kesehatan.

Sebelumnya, Umi menyampaikan jika dari 1,59 juta jiwa penduduk Kabupaten Tegal, pihaknya menargetkan 1,2 jiwa dapat disuntik vaksin Covid-19. Namun, realisasinya sampai dengan Minggu (25/07/2021) baru 63.856 orang atau 5,3 persen dari target yang sudah mendapatkan suntik vaksin lengkap.

Adapun total vaksin yang diterima Kabupaten Tegal sebanyak 191.260 dosis, sudah terpakai 184.665 dosis dengan rincian 120.809 dosis untuk suntik pertama dan 63.856 dosis untuk suntik kedua. Tinggal menyisakan 6.595 dosis lagi yang akan habis dalam dua hingga tiga hari ke depan.

Umi menambahkan, dengan dukungan 1.699 tenaga vaksinator, pihaknya siap melaksanakan vaksinasi secara cepat. “Saat ini, rata-rata kita menyuntikkan tiga hingga empat ribu dosis vaksin per hari, bahkan pernah lebih dari lima ribu dosis vaksin dalam sehari,” ungkapnya, dilansir Kamis (29/7/2021). she 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here