Pasangan ganda campuran Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow. Foto: PBSI

PRANCIS (Jatengdaily.com)- Pasangan ganda campuran pebulutangkis Indonesia, yakni Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow meraup kemenangan di babak 32 besar turnamen bulutangkis Orleans Masters 2021, yang berlangsung di Prancis saat ini.

Akbar/Winny berhasil mengandaskan perlawanan wakil Jerman, Marvin Datko/Stine Kuspert dengan skor 21-19, 21-11.
Berlaga di Palais Des Sports pada hari Rabu (24/3/2021). Akbar/Winny membuka pertandingan dengan cukup apik dengan keunggulan 11-5 di interval gim pertama. Namun selepas interval, permainan Akbar/Winny sempat mengendur sehingga sang lawan mampu mengejar dan berbalik unggul 17-19.

Beruntung di poin-poin kritis ini, Akbar/Winny kembali bangkit dan langsung meraih empat poin beruntun sekaligus menutup gim pertama dengan kemenangan 21-19.

“Hari ini kami bermain cukup baik tapi masih mencari suasana dan hawa pertandingannya karena sudah lama sekali kami tidak bertanding,” kata Akbar usai pertandingan.

“Kami memulai pertandingan dengan bagus tapi setelah interval, lawan terus menerus memprotes saya karena dianggap menghalangi Akbar yang akan service. Ini membuat kami feelingnya agak berubah,” sambung Winny.

“Saat ketinggalan 17-19 itu kami mencoba siap lagi, lebih tenang lagi. Saya bilang ke Winny sudah abaikan saja, fokus ke diri sendiri,” papar Akbar.

Di gim kedua, Akbar/Winny bermain semakin baik. Mereka tidak terbendung dan akhirnya menutup laga dengan skor meyakinkan 21-11. “Di gim kedua kami memaksa lawan untuk masuk di pola permainan kami jadi kami terus mengendalikan pertandingan,” ungkap Winny saat ditanya mengenai gim kedua.

Bagi Akbar/Winny, ini adalah turnamen internasional pertama sejak kembali dipasangkan pada Desember 2019. Sebelumnya, mereka berpisah ketika Winny diproyeksikan berpasangan dengan Tontowi Ahmad sementara Akbar fokus di ganda putra bersama Moh. Reza Pahlevi Isfahani.

“Saya biasanya bermain selalu enjoy tapi hari ini agak tegang sebelum main. Ada kagok juga. Mungkin karena lama tidak bertanding dan ini kali pertama main bareng Winny lagi di turnamen internasional,” ungkap Akbar.

“Ya ini kami awal lagi berpasangan, kami berharap ada perubahan yang lebih baik dan peningkatan dibanding waktu pertama dulu,” ujar Winny.

Kemenangan juga diraih kompatriot Akbar/Winny di ganda campuran. Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela menyudahi perlawanan wakil Denmark Kristian Høholdt Kremer/Amalie Cecilie Kudsk dua gim langsung 21-18, 21-9.

Dengan hasil ini, Akbar/Winny dan Zacha/Bela menyusul Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani dan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah ke babak 16 besar. Dua pasangan yang terakhir disebut mendapat kemenangan WO di babak 32 besar. she