Demak Zona Merah COVID-19, Seluruh Objek Wisata Ditutup

Petugas gabungan Polres dan Kodim 0716/Demak saat memasang pengumuman penutupan sementara Masjid Agung Demak selama pandemi corona. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Peningkatan jumlah pasien COVID-19 di Kabupaten Demak beberapa hari terakhir menjadikan Kota Wali masuk dalam kategori zona merah di Jawa Tengah. Untuk memutus rantai penularan virus corona, seluruh objek wisata di Demak ditutup sementara, termasuk di antaranya Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu yang selama ini menjadi destinasi wisata religi.

Untuk menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Demak tentang pencegahan dan Penangan Corona Virus Disease (COVID -19) dan Surat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak tentang Penutupan sementara Destinasi Wisata di Kabupaten Demak, beberapa pengelola wisata di Kabupaten Demak memasung pengumuman atau informasi penutupan melalui MMT, di samping menutup pintu akses masuk, seperti terlihat di komplek Masjid Agung Demak.

Perihal penutupan tempat wisata, Polres Demak bersama Kodim 0716/Demak menggelar patroli di sejumlah tempat wisata yang berada di Kabupaten Demak.

“Kita pastikan semua kita tutup saat ini,” kata Kapolres Demak Andhika Bayu Additama, saat pengecekan di Masjid Agung Demak dan pelepasan armada penyemprotan desinfektan massal bersama gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Demak, Selasa (8/6/2021).

Sementara Dandim 0716/Demak Letkol Inf Muhammad Ufiz mengatakan TNI selalu bersinergi dengan Polri melakukan monitoring dan melakukan pemantauan. Kemarin di Demak kota itu Forkopimcam dari Kapolsek, Danramil, dan Dinas Pariwisata turut serta melakukan woro-woro monitoring di Masjid Agung, Kadilangu, di Alun Alun, dan sekitar Taman Kali Tuntang,” dia menjelaskan.

“Ini PPKM diperketat lagi. Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 maka semua destinasi wisata di Kabupaten Demak tanpa terkecuali sampai tanggal 14 Juni 2021. Kita menunggu instruksi dari pemerintah lagi akan diperpanjang lagi atau tidak, kita ikuti, patuhi peraturan dari pemerintah,” tutup Dandim. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here