Dua Pasien COVID-19 asal Kudus di Asrama Haji Donohudan Meninggal

Aktivitas isloasi terpusat di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Foto: pemkab boyolali

BOYOLALI (Jatengdaily.com) – Pasien COVID-19 asal Kabupaten Kudus yang menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan Boyolali, tercatat dua di antaranya meninggal dunia. Keduanya meninggal dunia setelah dirujuk ke rumah sakit setempat karena membutuhkan perawatan lebih intensif.

Dokter penanggung jawab Asrama Haji Donohudan dr. Sigit Armunanto mengatakan salah seorang pasien yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Daerah Surakarta dinyatakan meninggal dunia. “Rujukan kemarin di RSJ,” ujarnya dilansir laman resmi pemkab boyolali Jumat (11/6/2021).

Pasien tersebut merupakan warga Kabupaten Kudus yang mengalami sesak napas dan penyakit penyerta sehingga dirawat di ICU rumah sakit tersebut. Pihak rumah sakit telah melakukan penanganan medis, namun kondisi pasien memburuk dan meninggal dunia pada Rabu (9/6/2021).

Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Masut di Kudus, Jumat (11/6/2021) mengatakan, sebelumnya ada satu orang yang meninggal dan sempat dilarikan ke rumah sakit di Solo. Kemudian pada Kamis (10/6) malam ada tambahan satu lagi yang meninggal merupakan warga Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kudus.

Sebelum meninggal, kata dia, almarhum bernama Henki Jantomo (47) mengalami keluhan sesak nafas, kemudian persiapan untuk dilarikan ke rumah sakit terdekat, namun sudah keburu meninggal dunia pada Kamis (10/6) pukul 20.00 WIB.

Kepala Desa Gondangmanis Susanto menambahkan bahwa jenazah almarhum Henki Jantomo tiba di Kudus Jumat (11/6) dini hari sekitar pukul 01.15 WIB, kemudian dikebumikan di pemakaman desa setempat dengan disaksikan pihak keluarga yang ada di Kudus setelah digelar salat jenazah.

Sementara jumlah warga Desa Gondangmanis yang menjalani isolasi terpusat di Boyolali, katanya, ada 32 orang.

Kasus meninggal penderita COVID-19 pertama kali terjadi pada Rabu (9/6) malam bernama bernama Subiyanto (63) warga Desa Mlati Lor, Kecamatan Kota, Kudus, yang dimungkinkan memiliki komorbid atau penyakit bawaan. Almarhum sempat dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Solo untuk mendapatkan perawatan sebelum akhirnya meninggal dunia. yds