PERHOMPEDIN Cabang Semarang, ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi di Tanah Air.Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Perhimpunan Dokter Hematologi Onkologi Medik Penyakit Dalam Indonesia (PERHOMPEDIN) Cabang Semarang, ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi di Tanah Air.

Salah satu pengurus PERHOMPEDIN Cabang Semarang, dr Mika L Tobing , SpPD, KHOM, mengatakan, kali ini PERHOMPEDIN melakukan vaksinasi bekerjasama dengan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) dan Dokkes Polda Jateng.

Acara yang berlangsung Minggu (24/10/2021) ini bertempat di Gedung Balairung UPGRIS.

Menurutnya, partisipasi PERHOMPEDIN ini bertujuan agar setiap warga negara, mahasiswa, masyarakat umum, termasuk penderita kanker merasa aman dan tidak ragu dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, pasien penyakit kanker tidak perlu merasa khawatir untuk bisa menerima vaksinasi Covid-19. Asalkan sudah mendapat persetujuan dan disertai pengawasan ketat oleh tim dokter dipastikan dapat segera mendapatkan serum imunisasi.

“Kendati demikian memang tidak semua penderita kanker boleh begitu saja menerima vaksin. Harus tetap berada dibawah pengawasan dan sepengetahuan tim dokter,” katanya.

”Vaksinasi Covid-19, aman juga bagi penderita kanker. Sebab, sudah melalui uji klinis dan dapat dipertanggungjawabkan secara medis,” jelasnya.

Lebih lanjut menurutnya, pihaknya mendukung program pemerintah untuk mencapai percepatan vaksinasi untuk kekebalan imunitas (herd immunity). Herd immunity sendiri, diharapkan bisa tercapai dalam tahun ini.

Sehingga sebagian besar populasi masyarakat kebal terhadap Covid-19 dan memberikan perlindungan bagi masyarakat secara umum. Dalam kesempatan kali ini, ditarget dalam sehari, mencapai 2.000 lebih orang yang divaksin. Sedangkan vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

Dalam acara tersebut, mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat secara umum. Mereka antri dengan standar protokol kesehatan (prokes) di lokasi. Apalagi didukung dengan ruangan yang nyaman, ber-AC.

Dasuki, warga Sidorejo, Kelurahan Sambirejo, Kota Semarang mengatakan, sangat senang dapat ikut dalam vaksinasi Covid-19 yang diadakan oleh PERHOMPEDIN. Dirinya, datang sendiria, dan dengan cepat mendapat pelayanan disuntik vaksin.

”Ini vaksinasi Covid-19 yang pertama yang saya jalani. Semoga, akan bermafaat bagi semuanya juga,” jelasnya. she