Dekan FSM UNDIP, Prof Dr Widowati SSi MSi. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)–Dalam pengukuhan guru besar (profesor) di lingkungan Universitas Diponegoro (UNDIP) periode kali ini, Fakultas Sains dan Matematika (FSM) panen guru besar.

Pasalnya dari 21 guru besar atau profesor yang dikukuhkan, ada sembilan orang yang disumbang dari FSM. Capaian ini merupakan prestasi yang sangat diapresiasi oleh fakultas dan universitas.

Adapun Sembilan guru besar baru di lingkungan FSM itu adalah sebagai berikut.  Prof. Dr. Dra. Meiny Suzery, M.S, Prof. Dr. Kusworo Adi, S.Si., M.T, Prof. Dr. Dra. Endah Dwi Hastuti, M.Si, Prof. Dr. Dra. Dwi Hudiyanti, M.Sc, Prof. Dr. Dra. Sunarsih, M.Si, Prof. Dr. Muhammad Cholid Djunaidi,S.Si., M.Si, Prof. Dr. Agus Subagio,S.Si.,M.Si, Prof. Dr.Suryono, S.Si.,M.Si, dan Prof. Drs. Sapto Purnomo Putro, M.Si., Ph.D.

Dekan FSM UNDIP, Prof Dr Widowati SSi MSi mengatakan sangat bersyukur atas capaian para dosen di lingkungannya.

‘’Alhamdulillah kami sangat bangga dan berbahagia, semoga para guru besar baru dapat berkontribusi untuk kamajuan UNDIP dengan ide-ide yang lreatif dan inovatif, sehingga UNDIP semakin mantapn menuju 500 Word Class University (WCU).

Saat ini ada sedikitnya 16 guru besar atau profesor, dari sebanyal 178 dosen yang ada di lingkungan FSM. ‘’Sekarang yang masih pengusulan ada empat orang lagi,’’ jelasnya, Rabu (26/5/2021).

Untuk mencapai gelar tersebut, butuh dorongan dan motivasi. Oleh karena itu menurutnya, pihaknya terus mendorong para dosen di FSM untuk meraih gelar doktor.

‘’Kami terus mendorong dan mengakselerasi teman-teman dosen untuk mencapai guru besar, melalui program OPOC (One Professor One Candidate). Kami mewajibkan satu guru besar membimbing satu orang calon guru besar, sehingga bisa mempercepat pencapaiannya,” jelasnya.

Prof Widowati juga menegaskan, jika keberhasilan para dosen di FSM tak terlepas dari dukungan universitas. Diantaranya support dana studi lanjut, penelitian atau riset, penguatan seminar nasional internasional, penulisan dalam jurnal nasional dan internasional khususnya yang terakreditasi dan lainnya.

‘’Kami sangat berterimakasih kepada universitas, bapak rektor dan semuanya atas  dukungannya.  Guru besar merupakan jabatan tertinggi di lingkungan universitas. Di satu sisi,  jabatan guru besar atau profesor sangat dibutuhkan dalam dekanat dan universitas karena dapat berkontribusi mengembangkan fakultas dan UNDIP sehingga bisa banyak berkontribusi dalam kancah nasional dan internasional. Termasuk UNDIP dalam fase penguatan riset, dimana  dosen peneliti didorong untuk terus berinovasi dengan mengembangkan riset sesuai kepakarannya,’’ jelasnya.

Seperti diketahui, pengukuhan 21 profesor  digelar dalam 7 tahap, dimana masing-masing tahap disi dengan pengukuhan 3 guru besar. Jadwal yang disiapkan universitas dimulai pada  Selasa (25/Mei/2021);  Kamis (27/Mei/2021); Senin (31/Mei/2021); Rabu (2/Juni/2021); Jumat (4/Juni/2021); Selasa (8/Juni/2021); dan Kamis (10/Mei 2021. Dirinci dari asal fakultas, terbanyak dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM) dengan 9 profesor, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 6 profesor, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) sebanyak 3 profesor; serta Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP), Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Psikologi (FPsi) masing-masing satu profesor. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here