Gubernur Jateng memberikan Hp siswa di Solo usai vaksin. Foto: humas Prov

SURAKARTA (Jatengdaily.com)– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek pelaksanaan vaksinasi pelajar di Surakarta, Rabu (4/8/2021). Didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Ganjar menyapa ratusan pelajar SMP dan SMA yang mengikuti vaksinasi di SMAN 3 Surakarta.

“Sudah disuntik? Sakit tidak?” tanya Ganjar.

“Sudah Pak, nggak sakit. Kayak digigit semut,” jawab mereka.

Ganjar pun menanyakan kenapa para pelajar itu mau divaksin. Beberapa menjawab agar terhindar dari paparan Covid-19. Ada juga yang mengatakan mau divaksin agar bisa segera sekolah tatap muka.

“Biar bisa segera sekolah tatap muka pak,” celetuk beberapa siswa.

Selain divaksin, sejumlah pelajar itu juga nampak semringah. Pasalnya, mereka juga mendapat hadiah gawai. Pemkot Surakarta menggandeng pihak swasta, memberikan hadiah hand phone jenis Redmi Note 9A pada pelajar kurang mampu.

“Wah dapat HP to. Tambah semangat ya belajarnya, sing rajin ya. Untuk sekolah tatap muka, sabar ya. Nunggu reda dulu,” ucap Ganjar.

Gubernur menerangkan, para pelajar di Jawa Tengah memang sudah berebut ingin divaksin. Mereka ingin segera masuk sekolah tatap muka seperti sebelumnya.

“Makanya saya terima kasih pada Mas Gibran, yang sudah mulai vaksinasi pada pelajar. Di beberapa daerah lain di Jateng juga sudah dimulai. Mudah-mudahan bisa dipercepat,” imbuhnya.

Ganjar menerangkan, pihaknya sudah diperintahkan Presiden untuk melakukan percepatan. Jika nanti vaksin sudah banyak, maka program percepatan vaksinasi, termasuk untuk pelajar, bisa digenjot.

“Prioritasnya tetap lansia, baru kelompok lain termasuk para pelajar ini. Ada juga untuk disabilitas,” katanya.

Kiriman vaksin dari pemerintah pusat, lanjut Ganjar, sudah cukup banyak. Kiriman terakhir untuk Jateng sebanyak 600.000 dosis.

“Dan itu sudah kami bagi semua ke daerah secara proporsional. Jadi di daerah sekarang vaksin banyak. Tinggal digerakkan untuk vaksinasi pada lansia termasuk pelajar,” jelasnya.

Ganjar meminta agar vaksinasi bagi pelajar dilakukan di sekolah masing-masing. Sehingga, tidak terjadi kerumunan.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, vaksinasi untuk pelajar di wilayahnya terus dikebut. Selain vaksinasi, pihaknya menggandeng swasta untuk membantu sarana prasarana pendidikan di Solo. Salah satunya hari ini, yakni membantu hand phone bagi siswa yang kurang mampu.

“Prioritas kami untuk membantu pelajar yang kurang mampu dulu,” ucapnya.

Siswa SMPN 14 Surakarta Cornelius, menyatakan senang saat gurunya menawarkan vaksinasi. Menurutnya, vaksinasi membuat imun tubuh bertambah dan menghindarkan dirinya dari Covid-19. “Divaksin biar sehat, biar bisa segera sekolah tatap muka lagi. Jadi semangat divaksin, apalagi ini dikasih HP. Kemarin-kemarin kalau belajar daring pinjam HP kakak. Sekarang sudah punya HP, mau belajar tambah rajin lagi,” katanya.  She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here