KJRI Jeddah Dukung Pemulihan Usaha Toko dan Rumah Makan Indonesia

Kunjungan pelanggan toko dan rumah makan Indonesia di Arab mulai naik seiring pelonggaran aktivitas dampak pandemi. Foto: ist

JEDDAH (Jatengdaily.com) – Masa pandemi COVID-19 tak mengurangi semangat Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah, menyambut Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

Melalui Tim Promosi Ekonomi Terpadu (Prometer), KJRI Jeddah berkolaborasi dengan sejumlah pengelola toko (baqalah) yang menjual produk-produk Indonesia dan rumah makan Indonesia, melakukan pemasangan pernak-pernik dan aksesoris, antara lain banner mini berwarna merah-putih bertuliskan “Dirgahayu Republik Indonesia ke-76” dalam bahasa Indonesia dan Arab yang digantung di plafon.

KJRI Jeddah memandang toko-toko dan rumah-rumah makan Indonesia di Arab Saudi merupakan pahlawan yang turut berjasa memperjuangkan peningkatan perekonomian Indonesia, melalui pemasaran produk-produk asal Indonesia di pasar Arab Saudi.

Oleh karena itu, Tim Prometer dipimpin langsung oleh Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Eko Hartono mengunjungi toko-toko dan restoran-restoran yang tersebar di Kota Jeddah, untuk memberikan semangat dan dukungan penuh terhadap usaha mereka di Arab Saudi memasarkan dan menyerap produk Indonesia.

Dalam kunjungan yang berlangsung Senin (16/8/2021), Konjen RI Jeddah didampingi oleh Pelaksana Fungsi Ekonomi-1 dan 2, Dr. Windratmo dan Dr. Ahmad Syofian.

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap para pemilik toko dan restoran Indonesia, Konjen RI didampingi Tim Prometer KJRI Jeddah menyerahkan cenderamata berupa kaos berlogo “Dirgahayu Republik Indonesia ke-76, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.”

Konjen RI dan Tim Prometer memanfaatkan kunjungan tersebut untuk menggali informasi seputar kinerja penjualan selama masa pandemi, kendala dan tantangan yang dihadapi mereka, produk-produk Indonesia yang banyak diminati di Arab Saudi, suplai dan pemasaran, termasuk tren permintaan pasar Arab Saudi terhadap produk-produk Indonesia yang belum masuk ke Arab Saudi.

Kabar baik disampaikan oleh pengelola salah satu rumah makan Indonesia di Jeddah. Kepada Konjen RI Jeddah, Manager Store RM Kampung Melayu, Eko Sutrisno menyampaikan bahwa seiring dengan menurunnya angka kasus COVID-19 dan pelonggaran pergerakan orang oleh Pemerintah Arab Saudi, jumlah kunjungan pelanggan mengalami peningkatan.

Konjen RI Jeddah menyatakan, KJRI Jeddah berkomitmen mendukung upaya pemulihan dan peningkatan usaha dari para pemilik baqalah dan rumah makan Indonesia. Konjen juga memberikan motivasi kepada mereka agar tetap semangat dalam berikhtiar sesulit apapun situasi yang dihadapi.

Dukungan dan motivasi itu sangat diperlukan di tengah kelesuan perekonomian karena terbatasnya aktivitas perdagangan akibat pandemi, khususnya di Indonesia dan Arab Saudi.

Para memilik toko dan pengelola rumah makan optimis, dengan dukungan KJRI Jeddah melalui Tim Prometer, suplai produk-produk Indonesia yang mereka butuhkan kian mudah diperoleh. yds