KJRI Jeddah Gelar Upacara Peringatan HUT RI dengan Peserta Terbatas

Upacara bendera peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di KJRI Jeddah. Foto: ist

JEDDAH (Jatengdaily.com) – Tepat pukul 6:00 Waktu Arab Saudi, upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI digelar Selasa (17/8/2021) di halaman Balai Nusantara, Wisma Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah. Berlangsung di tengah pandemi, pelaksanaan HUT Kemerdekaan ke-76 RI seperti tahun lalu dilaksanakan dengan jumlah undangan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
.
Selain diikuti para home staff, perwakilan pegawai setempat, guru Sekolah Indonesia Jeddah, dan perwakilan unsur masyarakat di Jeddah dan sekitarnya, upacara juga diikuti oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Muscat, Kesultanan Oman, Mohammad Irzan Johan dan staf pendamping.
.
Meski diikuti secara terbatas, upacara dapat diikuti oleh seluruh masyarakat WNI di Arab Saudi melalui live streaming YouTube KJRI Jeddah.
.
Bertindak sebagai pembina upacara adalah Konjen RI Jeddah Eko Hartono, sementara Kun Rizki Putranto bertindak sebagai pemimpin upacara. Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI yang bertepatan dengan puncak musim panas di Arab Saudi berlangsung selama 40 menit.
.
Usai upacara, para tamu undangan diarahkan untuk memasuki Gedung Balai Nusantara untuk mengikuti acara serasehan dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI.
.
Dalam sambutannnya, Konjen RI Jeddah mengajak para tamu undangan untuk tetap semangat memeriahkan HUT kemerdekaan RI meski berlangsung dalam suasana pandemi Covid-19. Semangat berjuang untuk membangun negeri dalam situasi sulit harus tetap dipertahankan.
.
“Peringatan HUT RI di tengah pandemi ini justru harus meneguhkan semangat kita. Di tengah situasi apapun, Republik Indonesia harus tetap tegak,” tegas Konjen.
.
Seluruh bangsa di dunia, imbuh Konjen, sedang menghadapi masa sulit karena pandemi. Oleh karena itu, moto peringatan HUT ke-76 RI, “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” tahun ini sangatlah tepat.
.
“Ini yang seharusnya memacu kita. Kalau dulu perjuangan bangsa kita adalah merebut kemerdekan, maka sekarang apa yang dituntut kepada bangsa kita adalah, mari kita mengisi kemerdekaan dengan memperjuangkan pertumbuhan kesejahteraan bangsa kita, apalagi dalam situasi pandemi seperti ini,” tambah Konjen.
.
Konjen juga mengajak para staf KJRI Jeddah untuk meningkatkan pelayanan kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berjuang untuk menghidupi keluarga mereka. “Mari kita merangkul saudara-saudara kita, PMI yang ada di sini,” ujar Konjen.
.
Acara serasehan diakhiri dengan pembagian hadiah lomba menyambut HUT Kemerdekaan RI kepada para pemenang turnamen tenis meja dan lomba mincing yang diikuti secara terbatas oleh para staf KJRI Jeddah. yds