KONI Demak Buka Lowongan Ketua Umum

KONI Kabupaten Demak berencana menggelar Musorkablub dengan agenda pemilihan Ketua Umum baru masa bakti 2021-2025. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Demak membuka lowongan posisi ketua umum masa bakti 2021-2025. Menyusul Ketua Umum KONI Kabupaten Demak (2019-2023) H Noor Halim yang meninggal dunia pada Juni 2021.

Plt Ketua Umum KONI Kabupaten Demak H Prajitno menyampaikan, wafatnya Ketua Umum KONI Kabupaten Demak H Noor Halim menjadikannya berstatus berhalangan tetap.

“Sehingga sesuai AD/ART jika yang bersangkutan sudah menjalankan separuh lebih masa kepemimpinan, harus digelar Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) dengan agenda pemilihan ketua umum masa bakti 2021-2025,” ujarnya, saat pers rilis bersama jajaran pengurus KONI Kabupaten Demak, Senin (15/11/2021).

Lebih lanjut disampaikan, penjaringan dan penyaringan calon ketua umum diawali dengan pengambilan formulir pendaftaran pada 18-23 Nopember 2021. Sedangkan kriteria dan syarat sebagaimana ditetapkan antara lain memiliki kemampuan manajerial, pengabdian, dan waktu yang cukup untuk mengelola keolahragaan.

“Mampu menjalin kerja sama dengan instansi-instansi serta badan usaha terkait pembinaan prestasi olahraga. Di samping tentunya pernah dan atau sedang menjadi pengurus KONI, Ketua Pengkab cabor prestasi, atau Badan Fungsional Olahraga Kabupaten Demak,” imbuh M Ridwan, Wakil Ketua II sekaligus Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan didampingi Ketua Pelaksana Abdul Haris.

Sementara yang tak kalah penting, lanjut Prajitno, kandidat yang lolos seleksi administrasi, wajib memiliki dukungan minimal 9 Pengkab cabor yang berbeda. Jika di Demak terdapat 33 cabor dan dua badan fungsional, maka maksimal calon yang bisa mendaftar sebanyak tiga orang.

“Namun manakala hanya ada satu kandidat yang mendaftar, maka aklamasi langsung ditempuh tanpa voting. Seperti disarankan KONI Jawa Tengah agar musorkablub diselenggarakan sesingkat-singkatnya dan seefektif mungkin,” kata Prajitno.

Sementara untuk keterangan lebih lanjut, para kandidat bisa melihat detail persyaratannya di Kantor KONI Kabupaten Demak di kawasan Wisma Halim di Jalan Raya Karangrejo Demak. rie-yds