Sebanyak Sembilan PTS di Indonesia melakukan rapat koordinasi dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), Sabtu (31/7/2021) secara daring. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Sebanyak sembilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia melakukan rapat koordinasi dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), Sabtu (31/7/2021) secara daring.

Rapat dipimpin oleh Ketua Paguyuban Perguruan Tinggi Swasta Idaman (Inisiatif dan Manajemen Mantap) yang juga Wakil II Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang Dr Sudarman.

Dr Sudharman yang merupakan Inisiator dan Koordinator Kerjasama sembilan PTS ini mengatakan, rapat koordinasi ini terkait dengan kerjasama antara sembilan PTS di Indonesia dengan UTHM, dalam bidang akademik dan tri dharma Perguruan Tinggi.

Rapat koordinasi dihadiri oleh sembilan Pimpinan PTS beserta jajarannya. Masing-masing adalah dari UTHM, ITB Semarang, Universitas AKI Semarang, Universitas Boyolali, STIE Assholeh Pemalang, STIMIK Bina Patria Magelang, STT Wiworotomo Purwokerto, STIE Surakarta, Stikes Mitra Husada Karanganyar dan Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB).

‘’Inti dari rapat koordinasi tersebut, adalah dimana sembilan pimpinan PTS di Indonesia sepakat akan  melakukan  penandatanganan kesepakatan kerjasama (MoU) dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM),  yang diagendakan pada bulan September 2021 secara daring,’’ jelas Dr Sudarman.

Hasil MoU menurutnya, akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) untuk masing-masing bidang atau Fakultas.

UTHM sudah mempersiapkan draft MoU, MoA bahkan sampai action plan. Diharapkan para pimpinan PTS dapat segera menidaklanjuti dengan mengisi dan merancang waktu kegiatan yang akan dilakukan.

Salah satu bentuk kegiatan MoA yang akan segera dilakukan untuk mengawali MoU diantaranya adalah penyelenggaraan kuliah umum dan konfrensi.

‘’Draft MoU dengan UTHM akan disiapkan oleh ITB Semarang,’’ jelasnya.

Adapun kerjasama tersebut diantaranya adalah study lanjut program Doktoral (S3) dari sembilan PTS di Indonesia ke UTHM, kerjasama dalam bidang riset, dan penulisan jurnal penelitian.

Juga pada perguruan tinggi yang prodinya sama dapat saling bekerjasama dalam menyelenggarakan kuliah umum, melakukan riset dengan dunia industri dan lainnya.

Bahkan untuk mengawali kerjasama dengan UTHM, STIE Assholeh Pemalang sudah membuat agenda kegiatan, yakni permohonan narasumber dari UTHM untuk memberi pembekalan wisudawan di Bulan Agustus ini. Juga nara sumber untuk kuliah bagi mahasiswa baru.

Sedangkan penandatangani MoU antar sembilan  PTS sendiri direncanakan berlangsung pada 7 Agustus 2021, secara luring di Universitas AKI Semarang. Sedangkan sebagai bentuk kegiatan MoA dengan sembilan PTS, akan dilakukan dengan pertukaran narasumber.

‘’STIE Assholeh dan ITB Semarang akan segera melakukan kegiatan pertukaran mahasiswa sebagai bentuk kerjasama implementasi kebijakan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

Rektor ITB Prof Dr Y Sutomo MM dalam sambutannya pada pembukaan acara ini mengatakan, kerjasama ini diharapkan bisa menjadikan sembilan PTS di Indonesia ini, makin diakui tidak hanya di kancah Nasional, namun juga Internasional dalam pencapain berkelas dunia (world class university).

Hadir dalam kesempatan ini  pimpinan dari UTHM yakni, Prof Dr Ts Madya Abdul Rasid Bin Abdul Razzak dan Dr Jumintono Suwardi Joyo Sumarto. She