Ilustrasi. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah, Syafar Pudji Rochma,  mengatakan, sedikitnya 6.678 narapidana di Jateng mendaptkan remisi khusus Lebaran 2021.

Adapun mereka terperinci dari sejumlah kasus, masing-masing adalah tindak pidana terdiri atas 4.633 napi pidana umum, 2.002 napi narkotika, 22 napi terorisme, 10 napi tipikor, dua napi kasus perdagangan ilegal, dan seorang napi kasus pencucian uang.

Adapun jumlah yang terbanyak yang mendapatkan remisi adalah dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang sebanyak 451 narapidana. Mereka yang mendapatkan remisi adalah yang  telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada buku catatan pelanggaran disiplin napi, serta aktif mengikuti program pembinaan di lapas atau rutan.

Lebih lanjut menurutnya,  remisi juga diberikan kepada para narapidana  yang sudah memiliki putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atau bukan tahanan. Berkekuatan hukum tetap bagi napi berarti sudah memiliki kelengkapan dokumen. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here