LVRI Diminta Turut Berjuang Melawan Covid-19

JAKARTA (Jatengdaily.com) – Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (DPP LVRI) meminta anggota LVRI turut berjuang melawan Coronavirus Disease (Covid) 2019, agar bangsa ini terbebas dari wabah yang melanda tanah air sejak Maret 2020. Para veteran harus mendukung kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Demikian Ketua umum DPP LVRI Mayjen TNI Purn. Saiful Sulun pada peringatan Hari Veteran Nasional (Harvetnas 2021) secara virtual di Gedung Veteran RI Graha Purna Yudha, Jakarta, Selasa, 10 Agustus 2021.

Mengingat situasi pandemi, Harvetnas kali ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Peserta tetap berada di rumah, bisa mendengarkan sambutan ketua umum dengan ponsel android masing-masing. Peserta terdaftar 1.000 anggota veteran DPD/DPC LVRI dan PP/PD/PC PPM (Pemuda Panca Marga) seluruh Indonesia dengan menggunkan jaringan aplikasi zoom meeting.

Saiful Sulun mengatakan, pada peringatan (Harvetnas tahun ini memilih tema *’LVRI Siap Membantu Pemerintah Menangani Covid-19)”. Tema ini dipilih sebagai dukungan LVRI terhadap kebijaksanaan pemerintah, khususnya menghadapi pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan lebih dari 3.000.000 orang terpapar dan lebih 100.000 orang meninggal dunia.

“Meskipun peringatan Harvetnas 2021 secara virtual, semangat kebersamaan tetap dapat terjaga. Semangat bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh tetap terpatri di dada semua insan veteran Republik Indonesia,” kata Saiful Sulun.

Saiful Sulun berpesan kepada anggota LVRI se-Indonesia untuk tetap menjaga semangat keveteranan meski dalam kondisi apa pun, termasuk dalam menghadapi bahaya pandemi Covid-19 saat ini.

Ia mengemukakan, peringatan Harvetnas setiap 10 Agustus ini merupakan wujud penghargaan, terutama kepada para veteran pejuang kemerdekaan. Hal ini mengingat, perjuangan dan pengorbanan mereka pada masa revolusi fisik hingga tercapainya kemerdekaan adalah bukti nyata bentuk pengabdian tanpa pamrih.

“Untuk itu, kita wajib berterima kasih kepada para veteran pejuang kemerdekaan tersebut. Mereka telah mewariskan kepada kita dan generasi muda suatu nilai yang amat luhur,” kata Saiful Sulun.

Pada kesempatan tersebut, dia mengapresiasi jajaran TNI/Polri dan satpol PP atas kerja keras dalam ikut menegakkan disiplin masyarakat. Sehingga warga patuh melaksanakan protokol kesehatan (prokes) berupa 5 M (pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas).

Menurut Saiful Sulun, hanya dengan prokes itulah masyarakat bisa melindungi diri dan mencegah penularan Covid-19. Dalam hal ini, veteran harus bisa menjadi teladan dalam mendukung kebijakan pemerintah mengenai penanganan Covid-19.

“Mari kobarkan semangat gotong royong dan saling menolong sesama warga bangsa. Hanya dengan semangat kebersamaan kita bisa mengatasi pandemi Covid-19 ini,” demikian Saiful Sulun. st