in

LVRI Gali Kisah Perjuangan Melalui Lomba Penulisan dan Poster

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran RI (DPP LVRI) akan mengadakan Lomba Karya Tulis dan Poster dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional (Harvetnas) 2021. Lomba dibuka sejak 5 Agustus lalu dan ditutup 25 Agustus mendatang.

“Sudah banyak tanggapan dari masyarakat. Mungkin karena tema yang diangkat menarik karena berbicara tentang sosok veteran yang nyaris belum pernah dilombakan,” ungkap Kepala Humas DPP LVRI Sudadi.

Menurut Sudadi, target penyelenggaraan lomba adalah imenggali kisah sejarah perjuangan dan memasyarakatkan sosok veteran yang makin terlupakan oleh generasi penerus bangsa. Diharapkan dengan even ini masyarakat semakin mengenal veteran. Baik sisi perjuangannya maupun keteladanannya dalam menegakkan dan membela kemerdekaan negeri ini.

“Melalui berbagai kisah veteran sebagai pelaku sejarah, bangsa ini akan banyak mewarisi nilai-nilai perjuangannya. Di antaranya sikap cinta tanah air, cinta negeri, tanpa pamrih, percaya akan kemampuan sendiri, dan semangat pantang menyerah,” katanya.

Sudadi mengatakan, melalui tiga posel panitia yang tersedia, hingga saat ini karya peserta mulai masuk dari seluruh Indonesia. Antusiasme masyarakat yang tinggi akan mendorong semangat dan kebanggaan bagi veteran.di seluruh Indonesia.

“Kisah perjuangan mereka akan ditulis dari berbagai sudut pandang dan peristiwa perjuangan yang berbeda,” ungkap Sudadi yang juga anggota Veteran dari unsur Pasukan Perdamaian PBB ini.

Sudadi menambahkan, para pemenangaakan diumumkan tanggal 9 September 2021. Hadiah Lomba masing-masing kategori, Juara I mendapatkan uang Rp7 juta, Juara II Rp5 juta, Juara III Rp 3 juta, dan juara IV Rp2 juta. Panitia penyelenggara membuka dua paket lomba penulisan dan satu paket lomba pembuatan poster.

Lomba ini, demikian Sudadi, terbuka untuk. umum dan internal organisasi LVRI dan Pemuda Panca Marga (PPM). Kategori Umum (1).Tulisan bebas dengan judul:
a. “Kakek/Nenekku atau Bapak Ibuku Seorang Veteran Sejati” (pilih salah satu yang menjadi veteran).
b. “Sosok Veteran yang Aku Kenal” (bisa wawancara dengan tokoh veteran daerah.

(2). Tulisan Tentang Sejarah Perjuangan di Daerah. Terdapat beberapa peristiwa antara lain: Peristiwa Keveteranan Perang Kemerdekaan RI 1945 – 1949, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, Operasi, Seroja dan Operasi Perdamian Dunia (PBB). Syarat penulisan maksimal 6 halaman ketik A4 Times New Roman, ukuran huruf 14, spasi 1,5, dilengkapi foto dokumen (jika ada). Tulisan merupakan karya orisinal bukan saduran atau plagiat,

Kategori Khusus (1). Pembuatan Poster Harvetnas. Peserta terbatas dari DPD/DPC LVRI dan PPM. Syarat membuat Poster Harvetnas. Bisa dengan format JPG, BMP, CIF, dan TIFF. Minimal 300 DPL menggunakan aplikasi umum.

“Untuk kategori lomba (1) dikirim ke alamat email : veteranindonesia.1957@gmail.com. Kategori (2) ke veteranri.1957@gmail.com, dan kategori (3) ke mabesveteran.1957@gmail.com,” ujarnya.

Informasi lengkap silakan klik https://veteranri.go.id/index.php/lvri/index/1628254573 atau dapat menghubungi Sekretariat Panitia Lomba: Laksda TNI (Purn) Dauhan Syamsuri (08118888703), Sudadi (081225399607). Evi (081315461900), dan Sekretariat Mabes LVRI 021 5254105.st

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Gandeng DKP Jateng, FSM UNDIP Sosialisasi Program Matching Fund Kedaireka

SIG Peduli, Bantu 30 Laptop dan Pembangunan Sarana Ibadah