ilustrasi. Foto: jdc

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Di tengah pandemi Corona (COVID-19) saat ini, sedikitnya 2.750 mahasiwa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memperoleh kebijakan keringanan berupa penurunan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Pemberian ini menurut Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum adalah sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab perguruan tinggi.

‘’Terhitung sampai minggu ketiga Juli 2020 tercatat  sudah 2.750 mahasiwa yang diturunkan besaran uang kuliahnya,’’ jelasnya, pada Wisuda ke-159 Undip, Senin (27/7/2020) yang dilakukan secara daring.

Dia mengatakan, seleksi penurunan besaran uang kuliah dilakukan secara selektif, dari yang mengajukan keringanan. ‘’Kami selalu membuka bagi siapa saja mahasiswa yang mengajukan,’’ jelasnya.

Bahkan rektor beberapa waktu lalu juga mengatakan, jika ada orang tua mahasiswa yang di PHK atau pemutusan hubungan kerja dan tidak mampu membayar UKT anaknya, maka bisa mengajukan. Jika sudah diturunkan, bahkan kalau masih tidak mampu akan diturunkan lagi. ‘’Tak bisa dipungkiri imbas COVID-19 ini memang menimpa semua lini,’’ jelasnya.

Sebagai perguruan tinggi negeri berstatus badan hukum milik negara (PTN BH) yang diharuskan mandiri, sikap dan kebijakan Undip tetap bertumpu kepedulian terhadap para mahasiswanya. Selain menurunkan, juga ada kebijakan langsung berupa pemberian potongan 50% UKT untuk mahasiswa semester 7 dan 9.

Bentuk kebijakan lainnya adalah memberi kelonggaran pembayaran UKT secara mengangsur, penundaan pembayaran UKT, pemberian sembako, pemberian bantuan uang tunai serta pemberian magang kerja bergaji kepada para mahasiswa yang membutuhkan. Juga bantuan bagi mahasiswa dari luar negeri (asing) yang kuliah di Undip.

Pemberian bantuan Sembako bukan saja dari anggaran universitas, tapi juga dihimpun dari dukungan dosen dan tenaga pendidikan yang merelakan penyerahan sebagian pendapatannya untuk membantu mahasiswa yang menghadapi kesulitan akibat wabah corona. Para alumni dan mitra Undip juga memberikan bantuan kepada mahasiswa secara langsung. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here