Mahasiswa Ikuti Pelatihan Operator K3 di PPSDM Migas

Mahasiswa berbagai perguruan tinggi mengikuti pelatihan operator K3 di PPSDM Migas. Foto: ist

CEPU (Jatengdaily.com) – Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat dunia industri lebih banyak menggunakan peralatan yang canggih. Dampaknya, potensi bahaya bagi pekerja juga ikut meningkat. Apabila tidak dilakukan pengendalian sebaik mungkin, makin besar pula potensi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang dapat ditimbulkan.

Oleh sebab itu, PPSDM Migas menyelenggarakan pelatihan Operator K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), yang diikuti oleh puluhan mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Pelatihan ini di selenggarakan selama 3 (tiga) hari yakni dimulai hari Senin, 26 April 2021 sampai dengan hari Rabu, 28 April 2021.

Selama mengikuti pelatihan, peserta mendapatkan materi berupa Dasar K3, Chemistry of Fire and Fire Fighting Technique, Peraturan K3, Hand Fire Extinguisher, Hose Connection, Alat Pelingdung Diri (APD), Self Contained Breathing Apparatus (SCBA), dan Instrument Safety.

Adi Purnomo, salah satu pengajar dalam pelatihan ini , menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali pengetahuan kepada peserta pelatihan tentang teori dan praktik Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sehingga peserta mampu memahami Peraturan dan Perundang – undangan K3 yang berlaku, dasar – dasar K3, jenis alat pelindung diri dan cara – cara penggunaannya, melakukan identifkasi bahaya dalam usaha mencegah kecelakaan akibat kerja.

“Pesarta diharapkan mampu untuk memahami teori dan praktik tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan peserta mampu memahami Peraturan Perundang-undangan tentang K3 dan bisa menerapkan alat-alat pelindung diri”, pungkas Adi. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here