MAJT Terima Bantuan 10 Oxygen Concentrator

Ketua PP MAJT Prof Noor Achmad MA sedang mengamati proses cara kerja Oxygen Concentrator, yang diperagakan Agus Eko dari Yayasan World Harvent.Foto:ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (PP MAJT) menerima bantuan 10 unit Oxygen Concentrator dari Yayasan Internasional World Harvest Cabang Jawa Tengah. Bantuan diserahkan Direktur Regional World Harvest Dr Budi Hidajat MA MBA dan diterima Ketua PP MAJT Prof Dr KH Noor Achmad MA, di Aula MAJT, Sabtu (14/8/2021).

Prosesi penyerahan bantuan diawali penandatanganan berita acara serah terima bantuan oleh kedua pihak, selanjutnya dilakukan demo mengenai cara penggunaan alat tersebut.
Hadir dalam serah terima bantuan tersebut Ketua Takmir Masjid Agung Semarang KH Hanief Ismail Lc, Sekretaris PP MAJT Drs KH Muhyiddin MAg, Wakil Rektor 2 Unwahas Zen Yusuf, Bendahara PP MAJT Dr Nur Hadi SE Akt MM serta sejumlah perwakilan Polri.

Menurut Budi Hidajat, bantuan yang didistribusikan ke seluruh Indonesia sebanyak 350 unit dan 10 di antaranya untuk MAJT. Sedangkan World Harvest Perwakilan Jawa Tengah beralamat di Jalan Kompol Maksum No 195, Peterongan, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Oxygen Concentrator yang disumbangkan, lanjutnya Budi Hidajat, berfungsi sebagai pengganti tabung oksigen yang biasa dipakai di rumah sakit maupun di rumah-rumah. Fungsi utamanya memroses udara di ruangan menjadi oksigen tanpa pernah habis. Kapan pun alat digunakan maka oksigen dapat dihasilkan.

“Jadi oksigen yang dihasilkan dari Oxygen Concentrator tidak akan pernah habis untuk digunakan. Ini sebagai pembeda dengan tabung oksigen yang biasa digunakan pasien di rumah sakit yang harus ada isi ulang,” jelas Budi Hidajat.

Setelah menerima bantuan 10 Oxygen Concentrator selanjutnya Prof Noor Achmad membagikan untuk sejumlah poliklinik. Diantaranya Poli MAJT 3 unit, Poli Masjid Agung Semarang 2 unit, Poli Unwahas 2 unit, Poli NU Mranggen 1 unit, Poli dr Adib 1 dan Poli Desa Pundenarum 1 unit.

Prof Noor menyampaikan terima kasih kepada Yayasan World Harvent atas bantuan tersebut. ”Tentu alat tersebut akan sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan umat, di tengah masih sulitnya tabung oksigen akhir-akhir ini yang dipicu pandemi Covid-10. Dengan langsung dibagi ke semua poli, diharapkan alat tersebut akan langsung digunakan,” tambahnya. st