Tim MVC Demak saat melayani vaksinasi massal di Desa Kenduren Wedung. Foto: ist

DEMAK (Jatengdaily.com)– Turunnya level PPKM bukan berarti negeri ini telah terbebas dari pandemi corona.

Standar protokol kesehatan (prokes) harus terus dilakukan di samping percepatan vaksinasi, sehingga terwujud herd imunity dan covid-19 benar-benar tertaklukkan.

Sehubungan itu Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Demak menggelar Mentari Covid-19 Vaccine (MCV).

Sebagaimana instruksi dari pusat, program vaksinasi massal bersama Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) itu dalam rangka mendukung upaya mencegah jutaan kematian akibat covid-19.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Demak H Suali mengatakan, saat ini di Demak sudah sekitar 75% warga tervaksinasi. Muhammadiyah siap membantu pemkab menyelesaikan percepatan vaksinasi di Kota Wali.

“Muhammadiyah akan selalu memberikan kontribusi positif untuk semua, termasuk dalam percepatan vaksinasi,” ujarnya, didampingi District Administration (DA) Muhammadiyah Demo Ahmad Ghuvron, Minggu (24/10).

Di sisi lain, Pengurus IDI Kabupaten Demak dr Fuad Alhamidi menambahkan, pasien-pasien di rumah sakit akibat paparan covid-19 secara bertahap pun mulai berkurang. Karenanya dia optimis keadaan akan terus membaik.

“Keadaan mulai membaik, tapi pandemi belum selesai. Kita tetap harus menerapkan 5M di samping penuntasan vaksinasi untuk mencapai herd imunity,” imbuhnya.

MCV yang digelar di Gedung Serbaguna Desa Kenduren Kecamatan Wedung berhasil menyasar 559 orang dari 3.000 target vaksinasi dosis pertama. Melalui “Program Vaksinasi Massal Covid-19 Muhammadiyah Untuk Semua” diharapkan mampu mendukung capaian percepatan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Demak melalui akses yang lebih merata di masyarakat.

Mengenai MCV yang diprogramkan pada 2021-2022 itu Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Subandi menyambut positif. Dikatakan, seiring negara masih berjuang menanggulangi wabah yang telah menelan korban ratusan ribu jiwa, maka semua komponen masyarakat dan ormas harus bersama mensukseskan vaksinasi pemerintah. Sehingga tercipta herd imunity seperri ditargetkan pada Oktober 2021 ini. rie-she