Menparekraf Dr Sandiaga Uno memberi kuliah umum mahasiswa baru Unissula. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Sedikitnya 5.200 mahasiswa baru (Maba) Unissula mengikuti kuliah umum bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Dr Sandiaga Salahuddin Uno,  dengan tema mewujudkan generasi khaira ummah yang aktif kreatif dan inovatif menuju Indonesia emas 2045, Minggu (19/9/2021).

Dalam kesempatan ini Sandiaga Uno menyampaikan tentang bagaimana menjadi generasi khaira ummah yang menjadi harapan bangsa untuk membangun Indonesia. Meskipun saat ini semua sektor terdampak pandemi, ia mengungkapkan generasi khaira ummah harus tetap dibentuk.

“Membangun generasi khaira ummah tentunya harus terus kita lakukan walaupun kita mengalami banyak keterbatasan. Generasi khaira ummah ini adalah kelompok terbaik yang semoga Unissula bisa hadirkan”, ungkapnya.

Selain itu ia yang terhubung secara daring ini menyampaikan generasi emas yang sudah dicanangkan pada tahun 2045 akan membawa Indonesia dalam jajaran negara maju, bukan lagi negara berkembang.

Menurutnya salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan bangga dan menggunakan produk buatan lokal, termasuk menggerakkan pariwisata lokal yang berlandaskan kebersihan dan kesehatan. “Sehingga nantinya tidak lagi negara yang membangun desa, namun desa yang akan membangun Indonesia”, pungkasnya.

Rektor Drs Bedjo Santoso MT PhD dalam pengantarnya menyatakan “Kami berharap Pak Menteri dapat menyemangati kita, menyemangati 5.200 mahasiswa baru yang telah hadir secara daring semoga mereka para mahasiswa Unissula dapat menjadi generasi khaira ummah. Juga menjadi mahasiswa yang nantianya mampu menjadi generasi emas di tahun 2045 mendatang”, pungkasnya.

Sementara itu Wakil Rektor III Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD dalam sambutan pembukaannya menyatakan bahwa memilih kuliah di Unissula adalah hal yang tepat. “Kalian tidak salah memilih Unissula kita akan membentuk muslim dan muslimah yang kuat di bidang masing masing dan dapat dipercaya karena amanah”, ungkapnya.

Ucapan selamat datang pada mahasiswa baru di sampaikan oleh Wakil Rektor II Dra Eni Widayati MSi. “Kami mengucapkan selamat bergabung menjadi keluarga besar civitas akademika Unissula mudah mudahan saudara bisa menjadi generasi khaira ummah”, pungkasnya.

Sebelum mengikuti kuliah umum Menteri Sandiaga, para mahasiswa baru telah lebih dulu mengikuti pembukaan tutorial PAI. Dr KH Ahsin Sakho Muhammad MA Dewan pakar Al Qur’an Pusat Studi Al Qur’an dan anggota lajnah pentashih Al Qur’an Departemen Agama yang menjadi narasumber dalam kesempatan itu.

“Kita bersyukur karena atas kemurahan Allah Al Quran diturunkan kepada Nabi terakhir yang akhirnya juga sampai kepada kita. Padahal Al Quran sudah ada di Lauh Mahfud sejak dahulu kala. Allahlah yang paling tahu kenapa diturunkan di umat akhir zaman. Dan semoga kita bisa mengambil pelajaran penting”, paparnya.

Tekad untuk mensukseskan program PAI digaungkan oleh Wakil Rektor I Dr Umar Ma’ruf, SH SpN MHum. Ia menyatakan meskipun era pandemi namun pembelajaran tutorial PAI akan tetap dijalankan secara daring. “Kita berharap betul meskipun secara online totorial PAI dapat terus bisa berjalan tentunya ini butuh kedisiplinan para mahasiswa baru untuk mengikuti itu”, ungkapnya. She