Pengurus Kadin Demak Diminta Berinovasi dan Kolaborasi

Pelantikan Pengurus Kadin Kabupaten Demak periode 2021 - 2026. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Menjadi tugas pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendukung pemerintah membangkitkan perekonomian, sehingga pulih kehidupan sosial bangsa ini. Utamanya saat perekonomian lesu terdampak pandemi.

Sehubungan itu, usai melantik Suryo Hadi Wibowo serta jajarannya sebagai Ketua dan Pengurus Kadin Kabupaten Demak periode 2021-2026, Ketua Umum Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono (KSW) menyampaikan, prospek perekonomian di Jateng sangat gemilang. Sehubungan itu dia mengajak jajaran pengurus Kadin Demak yang 80 persen adalah kaum muda untuk berinovasi dan kolaborasi.

“Jangan pernah merasa berat menjadi Ketua Kadin. Happy saja, karena adanya amanah tersebut menjadikan kita banyak teman dan banyak peluang. Happy saja seperti saya,” ujarnya, Kamis (9/9/2021).

Lebih lanjut diungkapkan, yang dibutuhkan saat ini adalah inovasi dan kolaborasi. Kabar baiknya, ada Bupati, Wabup dan Forkompimda yang siap mendukung dan bersinergi dengan jajaran Kadin.

Kabar baiknya lagi, tak lama lagi Demak – Semarang – Salatiga – Solo menyatu oleh jalan tol. Kondisi tersebut tentunya menjadi satu kekuatan besar dan prospek ekonomi.

Di samping tentunya menyusun program pengembangan UMKM. Dengan fokus pada cara mendongkrak SDM, jejaring dan pembiayaannya naik kelas. Sebab Jateng adalah pusat UMKM, dan ada 3,5 juta lebih UMKM di dalamnya yang butuh dukungan pengembangan.

Di sisi lain, Wabup KH Ali Makhsun menyatakan sepakat dengan arahan KSW. Terlebih UMKM termasuk salah satu pilar ekonomi di Kabupaten Demak, di samping pertanian, pariwisata, juga perikanan dan kelautan.

“Generasi milenial di tengah hantaman pandemi memiliki keberanian menatap masa depan. Saya yakin pengurus kadin yang baru geliatnya akan terasa. Sambutan Pak KSW memberikan jalan terang. Jangan dianggap sebuah beban tapi sebuah tantangan. Digitalisasi ekonomi. Adalah keahlian kalian,” kaya Wabup Ali Makhsun.

Sementara Suryo Hadi Wibowo pada sambutan perdana sebagai Ketua Kadin Demak menyampaikan, sebagai pengusaha wajib hukumnya membantu bupati dan wabup membangun Demak semakin maju. Menurutnya, Demak adalah daerah yang kaya dan memiliki banyak potensi alam selain kaya budaya religius.

“Dengan potensi tersebut selayaknya Kadin bersinergi berjuang sepenuh hati agar Demak lebih maju. Pandemi jangan sampai menyurutkan semangat, namun justru menjadi pelecut menuju tujuan besar yakni memajukan Demak lebih sejahtera dan bermartabat,” tandasnya. rie-yds