Syiar di Bulan Muharam, Yayasan Walisongo Candi Santuni Yatim Piatu

Ketua Yayasan Walisongo Candi Semarang Hj Maryam Achmad menyerahkan santunan kepada yatim piatu di Masjid Al-Jauhari, Jalan Kawi Raya Semarang, belum lama ini.Foto:ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Dalam rangka mensyiarkan Bulan Muharam 1443 H, Yayasan Walisongo Candi Semarang menyantuni yatim piatu, duafa dan fakir miskin. Penyerahan santunan dilakukan di Masjid Al-Jauhari, Jalan Kawi Raya Semarang.

‘’ Santunan dilaksanakan oleh UPZ Masjid Al-Jauhari sebagai pelaksana kegiatan pengumpulan dan pendistribusian Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) yang dikelola oleh Masjid AL-Jauhari Yayasan Walisongo Candi Semarang,’’ kata Ketua Yayasan Walisongo Candi, Ny Hj Maryam Achmad.

Dr H Arif Royani yang menyampaikan tausiah dan doa mengatakan, para penyantun anak yatim akan bersanding  dengan Rasululah Saw kelak di surga sebagaimana tertuang dalam Hadist Nabi.

‘’Kami sudah menyelenggarakan kegiatan santunan yatama tersebut selama bertahun- tahun. Namun pada tahun ini kegiatan diselenggarakan dengan sederhana dengan tidak menghadirkan banyak orang, sebab masih dalam kondisi perpanjangan PPKM. Meski demikian, diharapkan manfaatnya dapat dirasakan oleh para anak-anak yatim yang sangat terdampak Covid-19,’’ tutur istri mantan Wagub Jateng itu.

‘’Kegiatan santunan yatama yang dilaksanakan oleh  Unit Pengelola Zakat (UPZ)  Masjid Al Jauhari dalam waktu lima hari terkumpul dana sebesar Rp 22.500.000 dan sumbangan berupa susu kemasan,’’ kata Ketua Takmir Masjid Al Jauhari H Dimyathi.

Awalnya dana yang ada hanya cukup untuk santunan 30 anak. Namun kemudian dana berkembang karena antusiasnya jamaah Majelis Taklim Walisongo dan Jama’ah Tadarus On  Line Yayasan Walisongo Candi Semarang untuk berinfaq dan berbagi.

‘’Alhamdulillah yatama yang mendapat santunan menjadi sebanyak 74 orang anak. Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyerahan santunan secara simbolis kepada perwakilan anak-anak yatim,’’ tutur Hj Maryam Achmad.

Ketua UPZ Masjid Al Jauhari KH Moch Mu’izzuddin MAg mengatakan, pihaknya telah menerima dana infaq dari masyarakat sebesar Rp.22.500.000,- dan disalurkan kepada 74 anak yatim di sekitar masjid dan mushala di lingkungan jalan Kawi dan sekitarnya. st