Percepat Pemulihan Pandemi, DPRD Bentuk Pansus Penanggulangan Covid-19

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Guna mempercepat pemulihan dari kondisi pandemi, DPRD Provinsi Jateng membentuk panitia khusus (Pansus) Penanggulangan Covid-19. Hal itu dituangkan dalam rapat paripurna secara virtual, Senin (16/8/2021).

Dalam rapat itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Sukirman dan Heri Pudyatmoko mempersilahkan Badan Musyawarah (Banmus) untuk menyampaikan laporannya. Anggota Banmus Agung Budi Margono mengatakan pansus nantinya mengefektifkan kinerja pemerintah dan semua pihak dalam Penanggulangan Covid-19.

Sukirman bersama Heri Pudyatmoko memimpin rapat paripurna secara virtual, Senin (16/8/2021), dengan agenda pembentukan Pansus Penanggulangan Covid-19.Foto:humas

“Perbedaan data merupakan hal klise yang kerap terjadi. Untuk itu, pansus akan menganalisa strategi tepat dalam penanggulangan pandemi,” kata Legislator PKS itu.

Usai pembacaan laporan Banmus, terdapat interupsi dari Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan Zainudin dan anggotanya, Joko Purnomo. Mereka menginginkan adanya penjelasan yang lebih rinci sekaligus meminta tanggapan dari fraksi sebelum pansus tersebut disetujui.

“Sebelum dilanjutkan, Banmus bersama fraksi dipersilahkan untuk membahasnya lebih lanjut di Ruang Banggar (Badan Anggaran). Rapat ini sementara di skorsing,” kata Sukirman, legislator dari Fraksi PKB didampingi Heri Pudyatmoko dari Fraksi Gerindra, sembari meminta Anggota DPRD menuju Ruang Banggar.

Setelah pembahasan di Ruang Banggar, Sukirman menjelaskan bahwa pansus itu dibentuk untuk memantau upaya percepatan recovery ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan bidang lainnya sekaligus memantau kinerja pemerintah dalam Penanggulangan Covid-19. Kemudian, dibacakan susunan keanggotaan pansus.

“Apakah rancangan keputusan DPRD mengenai pembentukan Pansus Penanggulangan Covid-19 dapat disetujui?” tanya Sukirman kepada Anggota DPRD dan dijawab serentak, “setuju!”

Dalam pansus itu, telah terpilih posisi ketua yang dijabat Baginda Muhammad Mahfuz dari Fraksi PDI Perjuangan dan Mustholih dari Fraksi PAN. Seperti diketahui rapat tersebut dihadiri Gubernur Ganjar Pranowo dan Wagub Taj Yasin. st