Persis Solo Dipimpin Kaesang cs; Rekrut Pelatih Eko Purjianto

Kaesang Pangarep, pemilik 40 persen saham Persis Solo. Foto: twitter persissolo

SOLO (Jatengdaily.com) – Persis Solo mempunyai pemilik dan manajemen baru. Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Persis Solo Saestu (PSS) di Hotel Alila Solo, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, memiliki 40 persen saham Persis.

Sedangkan saham lain terbagi atas 30 persen dimiliki Kevin Nugroho, 20 persen dimiliki oleh Menteri BUMN Erick Thohir, dan 10 persen sisanya milik 26 klub internal.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat pengenalan manajemen Persis Solo di Stadion Manahan Solo, Sabtu (20/3/2021) mengatakan dengan adanya Menteri BUMN dalam jajaran kepemilikan tersebut, Gibran berharap Persis Solo dapat dikelola secara profesional dan transparan. Mengingat Erick Thohir pernah mengelola klub-klub sepak bola besar di luar negeri.

Acara pengenalan manajemen baru Persis Solo itu juga dihadiri oleh Direktur Utama PT PSS Kaesang Pangarep, Komisaris PT PSS Kevin Nugroho, Mahendra Agakhan Thohir yang mewakili ayahnya, Erick Thohir selaku pemegang saham dan pelatih Persis Solo Eko Purjianto.

Pihak manajemen juga sudah merekrut Eko Purjianto sebagai pelatih kepala Persis Solo yang baru. Sebelumnya, Eko menjadi asisten pelatih tim Bali United di Liga 1. Selain itu, Eko yang merupakan warga Solo itu juga pernah bermain untuk tim Pelita Solo dan turut memperkuat Timnas Indonesia.

Sedangkan Kaesang Pangarep mengatakan, dirinya berharap bisa membawa klub itu promosi ke Liga 1 Indonesia. “Persis ke Liga 1 merupakan target harga mati, tetapi tetap melalui proses menuju kasta tertinggi kompetisi di Indonesia itu,” kata Kaesang Pangarep

Meski demikian, Persis Solo tidak mungkin begitu saja naik ke Liga 1, tetapi harus melewati berbagai proses naik dan turun terlebih dahulu. Maka dari itu, dibutuhkan dukungan besar dari seluruh suporter Persis Solo, yakni Pasoepati dan Surakartan, untuk terus mengawal hingga masuk ke Liga 1.

Persis Solo kini bergabung di Liga 2 Indonesia dan memiliki home base tetap di Stadion Manahan Solo, berbagi dengan tim profesional lainnya, yakni Bhayangkara Solo FC di Liga 1. yds