Pertamina Corporate University Rangkul PPSDM Migas Adakan Pelatihan Aviasi

Pertamina Corporate University menggandeng PPSDM Migas untuk melaksanakan pelatihan Aviation Tipe B secara online. Foto: dok.ppsdm migas

CEPU (Jatengdaily.com) – PPSDM Migas merupakan lembaga pelatihan dan sertifikasi satu – satunya yang membuka pelatihan dan sertifikasi Aviasi di Indonesia. Sertifikasi Aviasi ini merupakan SKKNI wajib di bidang hilir migas.

Ilmu Aviasi sendiri merupakan ilmu yang membahas dan mengkaji tentang segala hal yang berada di dalam dunia penerbangan yaitu termasuk pemanfaatan wilayah udara, pesawat udara, bandar udara, angkutan udara, navigasi penerbangan, keselamatan dan keamanan penerbangan, lingkungan hidup, serta fasilitas penunjang, dan fasilitas umum lainnya.

Karena pentingnya ilmu tentang aviasi ini, maka Pertamina Corporate University menggandeng PPSDM Migas untuk melaksanakan pelatihan Aviation Tipe B secara online dimulai hari Senin selama lima hari (28 Juni – 2 Juli 2021).

Suharno, pemimpin pelatihan Aviation Type B ini menjelaskan bahwa Pertamina Corporate University selalu rutin mengirimkan personelnya untuk mengikuti pelatihan di PPSDM Migas.

“Iya betul, Pertamina Corporate University selalu melakukan pelatihan Aviation di PPSDM Migas baik itu Type A maupun B minimal 5 kali dalam setahun bahkan pernah 7 kali dalam setahunnya mengingat pentingnya pelatihan ini” ungkapnya.

Harno menambahkan bahwa tujuan pelatihan ini adalah agar peserta mampu mengelola dan mengendalikan mutu bahan bakar Aviasi.

“Tujuan pelatihan Aviasi tipe B ini adalah menyiapkan pengetahuan, skill dan atittude bagi pengawas (supervisor) pengelolaan dan pengendalian Mutu Bahan Bakar Khusus Aviasi,” tambahnya.

Pelatihan ini diikuti oleh para Supervisor dari DPPU Depati Mopah, DPPU Kualanamu Group, DPPU Adi Sutjipto Group, DPPU Ngurah Rai, DPPU Hang Nadim, DPPU BIL, DPPU Juanda, DPPU Adi Sumarmo, DPPU SIM, DPPU Depati Rendeni, DPPU SMB II, DPPU SSK II, DPPU Achmad Yani, DPPU Halu Oleo, DPPU Panial, DPPU Hasanuddin Group, SHAFTI, dan SHIPS.

Beberapa perusahaan yang berada di bidang aviasi lainnya seperti Pertamina Aviation, Travira Air, Pertamina Logistic juga selalu rutin mengikuti pelatihan dan sertifikasi Aviasi di PPSDM Migas. yds