PPSDM Migas Terima Penghargaan LAN

CEPU (Jatengdaily.com) – Widyaiswara PPSDM Migas dari Jawa Tengah Raih Penghargaan Inovasi Pengembangan Materi Microlearning dari LAN (Lembaga Administrasi Negara)
LAN memberikan Penghargaan Inovasi Pengembangan Materi Microlearning tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka hari ulang tahun LAN yang ke-64.

Ajang bergengsi untuk para pendidik ini diikuti oleh Widyaiswara dari seluruh Indonesia. Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi yang berlokasi di Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah ini juga mempunyai mempunyai widyaiswara yang berkompeten di bidangnya masing – masing ini juga mengikuti gelaran acara ini.

Dengan mengusung tema Smart Office di Instansi Pemerintah; Sekarang atau Tertinggal, PPSDM Migas mendapatkan juara V pada acara penghargaan ini dengan kompisisi Tim Widyaiswara yang digawangi oleh Wahyu Budi Kusuma, Novi Hery Yono dan Eva Khuzaifah.

Dalam materinya, Novi menjelaskan bahwa mereka concern mengenai Indeks Daya Saing Global Indonesia pada tahun 2019 sebesar 64,629 lebih rendah daripada Malaysia (74,602) dan Thailand (68,112). Selain itu, masih berdasarkan laporan Global competitiveness Index (CGI) pada tahun 2019 menyatakan bahwa daya saing Indonesia turun ke posisi 50 dari posisi 45 pada tahun 2018.

“Salah satu faktor penyebab turunnya daya saing adalah kemampuan inovasi dan adaptasi teknologi (BKF, 2020). Adaptasi teknologi selaras dengan tuntutan revolusi industri 4.0 dimana ekosistem industri berbasis teknologi dari hulu sampai hilir tidak terkecuali sektor pelayanan public,” ungkapnya.

Baca Juga: KA Lokal PSO Kedungsepur dan Ekonomi Lokal Cepu Kembali Beroperasi

Novi lagi – lagi menjelaskan bahwa Microlearning diberikan dalam bentuk video inspirasi yang berisi tiga materi pokok, yaitu: (1) konsep smart office, (2) komponen smart office, (3) keuntungan penerapan smart office.

“Pada materi pokok yang pertama akan dijelaskana mengenai definisi smart office serta penerapan diberbagai sector swasta dan pemerintahan secara interaktif. Selanjutnya untuk materi pokok kedua akan dijelaskan mengenai komponen-komponen smart office beserta contoh penerapannya di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM MIGAS). Pada materi ketiga dijelaskan mengenai keuntungan penerapan smart office dibandingkan dengan conventional office,” tutupnya.

Dengan penghargaan dari LAN ini, PPSDM Migas semakin mengokohkan posisinya sebagai lembaga pelatihan dan sertifikasi yang tidak hanya handal dari sisi sarana dan prasananya yang lengkap tetapi juga handalnya kompetensi para pengajar dengan torehan penghargaan ini setelah pada Agustus tahun ini PPSDM Migas juga mendapat juara 3 dalam ajang penghargaan Lomba Hemat Energi. yds