PPSDM Migas-Undip Dorong Sinergi Pengembangan SDM Perguruan Tinggi

CEPU (Jatengdaily.com) – PPSDM Migas pada tahun ini banyak bekerja sama dengan Perguruan Tinggi salah satunya dengan Universitas Diponegoro untuk mendorong sinergi demi pengembangan SDM di lingkup perguruan tinggi yang berkompeten di sektor migas.

Menurut Sulistyono, Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM PPSDM Migas, menjelaskan bahwa ada dua pelatihan yang berjalan di minggu ini (01/09/21).

“PPSDM Migas sangat berterima kasih karena Universitas Diponegoro telah memercayai PPSDM Migas menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi Teknisi Sistem Utilitas dan Petugas Pengambil Contoh Air dan Air Limbah,” ujarnya.

Pelatihan yang diadakan selama tiga hari ini menurut Sulis goalnya adalah peserta diharapkan berkompeten dalam bidangnya.

“Untuk Teknisi Sistem Utilitas, peserta nantinya berkompeten dalam mengoperasi dan Pemeliharaan Unit Motor Listrik, Unit HVAC, Lightning & Grounding, Unit Lighting atau Penerangan, Penggunaan Tools (termasuk Measurement, Hand and Inspection) dan Interpretasi Diagram Listrik serta peraturan perundangan dan peralatan Keselamatan kerja terutama di dalam ruang lingkup Teknisi Sistem Utilitas bidang Migas,” tambahnya.

Sedangkan untuk Petugas Pengambil Contoh Air dan Air Limbah, kami Memberikan pelatihan/penyegaran kepada peserta diklat tentang teori praktis tentang cara cara pengambilan contoh air/air limbah di lingkungan industri migas.

Puspitasari, Manager BPSDM Universitas Diponegoro Semarang, mengatakan bahwa kerja sama dalam rangka pengembangan sumber daya manusia di Universitas Diponegoro, melalui penyelenggaraan kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Pengawas Laboratorium dengan beberapa topik Teknisi Sistem Utilitas dan Petugas Pengambil Contoh Air dan Air Limbah selama tiga hari kedepan.

“Tujuan Perjanjian Kerja Sama ini adalah untuk meningkatkan penyelenggaraan pengembangan sumber daya manusia di Universitas Diponegoro khususnya untuk pengawas laboratorium,” tutupnya. yds