Sambangi Tanah Mandar, Jonhy Manurung Ngopi Bareng Elemen Masyarakat

Mantan Kajati Sulbar menyantuni bocah penjual jajanan keliling berupa sepeda dan uang saat menyambangi Tanah Mandar, Sabtu (17/07/2021). Foto:ist

MAMUJU (Jatengdaily.com) – Meski sudah menempati job baru sebagai Direktur Ideologi, Politik, Pertahanan dan Keamanan pada Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksan Agung RI, Jonhy Manurung masih menyempatkan diri menyambangi Tanah Mandar untuk melakukan sejumlah kegiatan sosial di Mamuju Provinsi Sulbar.

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulbar yang dikenal dekat dengan masyarakat itu menyempatkan diri ngopi bareng bersama sejumlah elemen masyarakat, di sebuah kedai kopi di jalan Andi Makasau Mamuju, Sabtu (17/07/2021).

Saat ngopi bareng berlangsung tiba-tiba ada seorang bocah kecil penjual jajanan menawarkan dagangannya kepada para pengunjung warkop. Melihat bocah kecil itu, sontak jiwa sosial mantan Kejati Sulbar itu terketuk, Ia kemudian memanggil sang bocah dan berdialog dengannya.

Mantan orang nomor satu dikorps Adiyaksa Sulbar itu melayangkan sejumlah pertanyaan sembari memborong semua jalan kote yang dijual bocah itu.

Bocah kecil penuh perjuangan itu kemudian diketahui bernama Riswan (8) warga Pengayoman Mamuju. Setelah mendengar cerita sang bocah, Jonhy Manurung kemudian berinisiatif menyantuni bocah itu dengan memberikannya uang sebesar satu juta lebih, dan membelikannya sepeda baru serta membelikannya HP Andoroid.

Melalui ketua Kosgoro Sulbar M Ashary Fattah yang hadir pada kesempatan itu juga berinisiatif menggalang dana kepada pengunjung warung kopi untuk membantu bocah tersebut. Hasilnya Rp 677 ribu berhasil terkumpul. Dana tersebut kemudian diserahkan kepada sang bocah.

Di hadapan sang anak, Jonhy Manurung mengapresiasi tekad dan kerja keras Riswan dimana usianya yang masih sangat belia, namun telah mampu berkontribusi dan membantu meringankan beban kedua orang tuanya.

“Dia anak petarung, ini anak petarung, ini calon anak yang berhasil, masih kecil tapi sudah punya warna, bisa bantu orang tuanya,”ujar Jonhy.

Sebelum mendapatkan bantuan dari Mantan Kajati Sulbar, Riswan menguraikan keinginan dan mimpinya bahwa Ia ingin memiliki sebuah sepeda dan henpone Android. Kepada mantan Kejati, sang bocah menjelaskan uang yang diperolehnya akan ia tabung untuk keperluan sekolah dan separuhnya akan diberikan kepada kedua orang tuanya.

“Mama saya pasti bangga karena saya bisa bawa uang banyak pulang, jualan saya hanya Rp 71 ribu. Uang ini akan saya tabung, terimakasih semuanya, semoga panjang umur dan banyak rezeki.”kata Riswan dengan muka bahagia.

Setelah mencoba sepeda baru dan mengotak atik hp barunya, sang anak kemudian diantar pulang ke rumahnya. Tak lama kemudian ibu sang anak datang ke kedai kopi menyambangi mantan Kajati Sulbar.

Seraya meneteskan air mata, ibu paruh baya itu mengucapkan terimakasih kepada Mantan Kajati Sulbar Jonhy Manurung dan semua pihak yang telah menyantuni anaknya.

Pada acara ngopi bareng tersebut, Mantan Kajati Sulbar itu didampingi Asintel Irvan PD Samosir, Kasi Penkum Amiruddin. Hadir pula ketua Kosgoro Sulbar M Ashary Fattah, anggota DPRD Hatta Kainang dan sejumlah wartawan serta kolega lainnya.

Apa yang dilakukan mantan Kajati Sulbar adalah bagain kecil dari rentetan atau sejumlah kegiatan sosial yang telah dilakukan selama bertugas di Sulbar. Selain diketahui memiliki jiwa sosial yang tinggi Jonhy Manurung juga dikenal memiliki integritas dan tegas dalam tugasnya.st