Sistem Kabel Laut Jasuka Bermasalah, Kualitas Layanan TelkomGroup Terganggu

Petugas Telkom sedang memperbaiki jaringan kabel. Foto:ilustrasi

JAKARTA (Jatengdaily.com) – Pelanggan di sejumlah daerah hingga Senin petang masih mengeluhkan adanya gangguan layanan IndiHome. Para pelanggan pada umumnya mengeluh, karena internet tidak bisa digunakan secara optimal. ”IndiHome hari ini kok lambat banget ya, seperti siput,” ujar Tulus, warga Wonogiri, Senin (20/09/2021).

Keluhan yang sama juga diakui sejumlah pelanggan di Kota Semarang. Para pelajar yang umumnya masih mengandalkan jaringan internet milik Telkom ini mengaku sedikit kecewa, karena mengalami hambatan saat mengerjakan tugas-tugas dari sekolah. ”Hari ini payah banget, internet sangat lambat. Muter-muter doang,” ujar Rio, pelajar salah satu SMA di Semarang.

Menanggapi keluhan pelanggan tersebut, manajemen Telkom mengakui telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam – Pontianak sejak Minggu (19/7) mulai sekitar pukul 17.33 WIB yang berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza mengatakan, “Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melaukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan.”

Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak. “Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya.” st