in

Tetap Harus Patuhi Prokes, MUI Jateng Ajak Umat Shalat Tarawih di Masjid

Dr KH Ahmad Darodji MSi

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah (MUI Jateng) mengajak umat untuk menjalankan ibadah shalat tarawih di masjid-masjid selama Ramadan 1442 H dengan menerapkan protokol kesehatan secara penuh. Ajakan MUI Jateng itu disampaikan Ketua Umum Dr KH Ahmad Darodji MSi melalui surat imbauan Nomor 01/DP-P.XIII/H/IV/2021 yang dia tandatangani bersama Sekretaris Umum Drs KH Muhyiddin MAg, 18 Sya’ban 1442 H.

Imbauan itu dikeluarkan dalam situasi adaptasi kehidupan baru darurat covid-19 menyambut bulan suci Ramadan 1442 H. “Jadikan Ramadan 1442 H sebagai momentun meningkatkan keimanan, ketakwaan, keikhlasan dan mendekatkan diri (taqorrub) kepada Allah SWT. Caranya antara lain dengan memperbanyak shalat sunah, khusyuk berdzikir, memperbanyak istighfar dan tadarus Al-Quran serta berdoa kepada Allah SWT. Agar wabah COVID-19 segera dihilangkan dari negeri Indonesia dan negeri-negeri lainnya,” katanya.

Kiai Darodji mengimbau umat Islam meningkatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT bahwa menjelang datangnya bulan Ramadan 1442 H penanganan wabah Covid-19 oleh pemerintah dan partisipasi masyarakat di tingkat nasional maupun Jateng menunjukkan hasil yang baik. “Kami mengajak umat Islam di Jateng kembali melaksanakan shalat tarawih Ramadan 1442 H di masjid-masjid. Bahkan, jika memungkinkan shalat Idul Fitri 1442 H juga di masjid-masjid, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan secara penuh.

” MUI Jateng juga mengajak umat Islam untuk terlibat/berperan aktif dalam mengatasi wabah Covid-19 dengan ikut mensukseskan program Vaksinasi Covid-19 dan tetap mematuhi protokol kesehatan agar secepat mungkin bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah/tempat tinggal masing-masing.

“Dalam rangka ikut mengatasi atau meringankan beban berat ekonomi sebagai dampak dari darurat Covid-19 di Jateng, maka Baznas, LAZ, UPZ dan Lembaga Filantropi lainnya di wilayah Jateng tetap meningkatkan perannya dalam menghimpun dan pentasharufan harta zakat, infak, dan sedekah,” ujarnya.

MUI juga mengajak umat Islam untuk meningkatkan solidaritas dan saling membantu antar sesama (ta’awun). Khususnya antartetangga di suatu kawasan, baik dalam hal menjaga kesehatan bersama untuk memutus penyebaran COVID-19, saling menjaga keamanan dan ketertiban, maupun saling membantu kebutuhan hidup. st

 

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Banjir Bandang Flores Timur, 23 Orang Ditemukan Meninggal

Kepala Pusat Studi Pancasila dan Konstitusi Untag Raih Doktor