Tim KKN-IK IAIN Kudus Semprot Disinfektan ke Sekolah di Demak

Tim KKN IAIN Kudus saat melakukan penyemprotan disinfektan di lembaga sekolah Desa Jungpasir Wedung guna memotivasi warga sekolah mentaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Seiring diizinkanya simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) oleh Pemkab Demak sejak berstatus PPKM level 2, sekolah-sekolah Desa Jungpasir Kecamatan Wedung pun sudah mulai dibuka kembali. Namun dengan persyaratan ketentuan berlaku, di antaranya vaksinasi bagi semua guru dan tenaga pendidik di sekolah.

Kendati demikian, masih banyak sekolah-sekolah yang belum menaati protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19. Sehubungan itu mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus berinisiatif melakukan penyemprotan disinfektan sembari membagikan masker dan hand-sanitizer bagi warga sekolah.

“Upaya tersebut kami laksanakan dengan berkoordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak,” Sabtu (18/9/2021).

Kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan di tujuh sekolah. Antara lain TK Budi Luhur Jungpasir, RA Al-Ittihad Jungpasir, SDN Jungpasir, MIN 06 Demak, MTs Bandar Alim, SMK Islamic Boarding School Al-Ittihad Demak juga MA YPKM Raden Fatah.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Demak Suprapto menuturkan, senang telah dilibatkan dalam program penyemprotan disinfektan di lembaga sekolah. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban untuk melayani masyarakat dalam dalam menanggulangi penyebaran virus corona di Kota Wali.

Diharapakan semua kegiatan bersama Tim KKN –IK IAIN Kudus di desa Jungpasir yang mengikutsertakan pihak sekolah dan pemerintah desa berjalan lancar dan bermanfaat. Khususnya bagi masyarakat Jungpasir, dan umumnya di Kabupaten Demak.

Kordes Jungpasir Khoirul Umam juga berharap, kegiatan tersebut dapat memotivasi para guru dan peserta didik untuk tetap menaati protokol kesehatan. “Ini sebagai ikhtiar kami dalam memutus mata rantai penyebaran corona. Sehingga di Jungpasir Wedung ini tidak ada yang terkonfirmasi COVID-19,” pungkasnya. rie-yds