Foto: dok/undip

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Rektor Universitas Diponegoro (UNDIP) Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum mengatakan, Undip belum akan melakukan perkuliahan luring atau tatap muka, pada semester Gasal 2021/2022 ini, mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih menjadi hal yang diwaspadai. 

‘’Undip semester depan belum menetapkan kuliah luring, masih daring,’’ jelasnya, Senin (31/5/2021) di sela pengukuhan guru besar.

Banyak pertimbangan yang menetapkan Undip masih menerapkan perkuliahan daring atau online. Diantaranya terkait jumlah mahasiswanya yang banyak, jumlah jam mengajar dosen yang menjadi berlipat-lipat jika dilakukan secara luring atau tatap muka, sampai pertimbangan mahasiswa saat di kos-kosan.

 ‘’Jumlah mahasiswa Undip mencapai 55 ribu. Jumlah ini bahkan sama dengan satu kabupaten di Kalimantan. Kami bisa menjaga di sini, tapi juga harus hati-hati.karena kami harus membagi kelas menjadi tiga jika dilakukan luring atau tatap muka.  Artinya, petermuan yang dilakukan sang dosen yang biasaya mengajar sepuluh kali, maka akan mengajar 30 kali,’’ jelasnya.

Kekhawatiran ini setelah dilakukan pertimbangan.  ‘’Saya khawatir, bukan apa-apa kena Covid, tetapi karena kelelahan beliau (para dosen) juga bisa terjangkit atau terpapar Covid-19.  Belum lagi mahasiswanya di sini (kampus) bisa diatur, tapi bagaimana di kos-kosan. Tidur bertiga dalam satu kamar, misalnya, juga makan bersama-sama, dan aktivitas lainny. Oleh karena itu, kami melakukan kajian matang terlebih dahulu dan ihtiar,’’ demikian kata Prof Yos, sapaan rektor.

Seperti diketahui, saat pandemic Covid-19, Undip menjalankan perkuliahan dengan cara online.

Berbagai sarana mulai dari website, email, forum komunitas dan sarana teknlogi informasi lainnya dipakai untuk mendukung pembelajaran yang disebut asinkron daring, yaitu metode yang memungkinkan peserta program melakukan pembelajaran selain di waktu yang sudah ditetapkan. Metode ini bertujuan menjaga kualitas pendidikan yang diselenggarakan. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here