in

Kuatkan Literasi dan Tangkal Hoaks, Santri di Semarang Dilatih Menulis di RSI Sultan Agung

BOD RSI Sultan Agung Semarang dr Masyhudi AM Mkes saat memberi sambutan dalam gerakan santri menulis. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) -Board of Director (BOD) Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung Semarang dr Masyhudi AM Mkes mengatakan, salah satu untuk menangkal hoaks, adalah lewat pendidikan literasi.

”Kemuliaan ilmu-ilmu yang dipelajari kita, adalah salah satunya ilmu menulis dengan baik. Dengan kemampuan menulis yang dimiliki para santri, diharapkan bisa menangkal hoaks atau berita yang tidak benar. Sehingga para santri di Kota Semarang bisa berkontribusi dalam menulis dengan baik. Yakni, dengan membuat informasi yang benar dan mendidik untuk masyarakat,” jelasnya dalam acara Gerakan Santri Menulis, yang berlangsung di RSI Sultan Agung, Jumat (22/4/2022).

Gerakan Santri Menulis yang diajarkan oleh para jurnalis ini, diikuti sebanyak 74 santri dari sejumlah Ponpes dan juga pelajar dari sejumlah sekolah di Kota Semarang.

”Kami mengucapkan terimakasih karena diberi kesempatan, sebagai salah satu tempat gerakan santri menulis,” jelasnya.

Gerakan Santri Menulis ini telah berlangsung di sejumlah tempat, dan di RSI merupakan tempat terakhir dan penutupan acara tersebut.

Asisten Pemerintahan Setda Kota Semarang Muhammad Khadik MSi, dalam kesempatan ini mengatakan, dengan keterampilan menulis di media, baik cetak maupun online dan media sosial, akan menguatkan literasi di kalangan pelajar khususnya generasi muda.

Apalagi dalam Islam, diajarkan, bagaimana sesuatu ilmu yang dimiliki seseorang, agar mengingatnya adalah dengan cara menuliskannya.

”Santri dari awal sudah mendalami ilmu agama dan budaya maka akan menjadi penulis hebat, saat mampu menulis,” jelasnya, yang pada kesempatan ini membacakan sambutan Walikota Semarang tersebut.

”Maka, jangan malas menulis. Bahkan Allah SWT telah memerintahkan pentingnya menulis sebagai sarana berdakwah,” jelasnya.

Menurutnya, harapan ke depan dengan kepandaian menulis, para santri bisa melanjutkan tokoh dan ulama hebat. she

Written by Jatengdaily.com

Pengajian Akbar Hadirkan Ustadz Das’ad Latief , MAJT Ajak Masyarakat Hadir Secara Langsung

Pendidikan untuk Perempuan Berdaya