in

100 Persen Kompeten, Atal Sebut UKW Joglosemar Luar Biasa

Brigitta Zening, salah satu peserta wartawan Kategori Muda memberikan testimoni pelaksanaan UKW Joglosemar disaksikan Ketua Umum PWI, Atal S Depari. Foto:dok

SLEMAN (Jatengdaily.com) – Peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) se-Yogyakarta, Solo, Semarang (Joglosemar) seluruhnya atau 100 persen dinyatakan kompeten. Pengumuman itu disampaikan Sekretaris PWI Jateng yang juga salah satu penguji, Setiawan Hendra Kelana dalam acara penutupan UKW di Auditorium Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya, Sleman, DIY, Jumat 17 Maret 2023.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari yang menutup acara menyampaikan rasa bangga atas hasil UKW yang diselenggarakan oleh PWI Jateng, PWI Surakarta, dan PWI DIY serta PT Semen Gresik pabrik Rembang ini.

‘’Saya sebut ini luar biasa dengan hasil 100 persen kompeten. Pasalnya, mereka penguji yang dikirim ke sini mayoritas berstatus penguji ‘killer’. Kalau tidak kompeten, ya tidak diluluskan. Saya kebetulan menjadi narasumber dalam mata uji UKW ini. Saya amati pertanyaan peserta semua berkualitas dan tak berebut bertanya. Maka saya berkeyakinan, peserta yang lulus dari UKW Joglosemar bakal jadi wartawan andal,’’ kata Atal.

Suparman, peserta UKW Joglosemar kategori utama menyampaikan pesan dan kesan mewakili peserta. Foto:dok

Hadir pada acara penutupan, Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Tedjo, Komisi Pendidikan dan Pelatihan PWI Pusat Hendro Basuki, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS, Ketua PWI Surakarta Anas Syahirul Alim, dan Ketua PWI DIY Hudono, serta para penguji yaitu Ainur Rohim, Joko Tutuko Abdul Latif (PWI Jatim), serta Widiyartono R, Isdiyanto Isman, dan Setiawan Hendra Kelana (PWI Jateng).

Dalam kesempatan itu, Atal menyatakan harapannya agar para peseta UKW bisa masuk menjadi anggota PWI.

Sharing Ilmu

Pada acara penutupan, dua peserta memberikan testimoni atas jalannya UKW selama dua hari (16-17 Maret 2023). Brigitta Zening, salah satu peserta wartawan Kategori Muda mengakui, UKW tidak semata-mata ujian, tapi sharing ilmu tentang dunia jurnalistik yang penuh tantangan.
‘’Yang saya rasakan sejak masa orientasi hingga masa ujian, semua berjalan fun. Apalagi para wartawan senior dan penguji memberikan support,’’ kata Zening.

Sementara Parman yang mengikuti UKW Utama mengakui, ilmu jurnalistiknya makin bertambah selama mengikuti UKW. Dia berharap, pengetahuan yang didapatkan dari UKW akan menambah pemahaman dirinya dalam berjurnalistik. ‘’Keren pokoknya. Di sini, saya diajari juga bagaimana menyusun Tajuk Rencana yang bagus, dan kebijakan dalam menentukan berita yang layak siar,’’ ujar wartawan senior itu.

Dalam acara penutupan juga digelar Sayembara Menulis Berita UKW yang diadakan Semen Gresik. Tampil sebagai juara I yaitu Khusnul Huda (Kota Semarang), juara II Ade Ujianingsih (Solo), dan juara III Jafarudin (Yogyakarta). St

 

Written by Jatengdaily.com

Mbak Ita dan USM Komitmen Turunkan Angka Pengangguran di Kota Semarang

Dinarpus Kota Semarang Fasilitasi Pembentukan Satupena di Wilayahnya