in

Bertujuan Hemat Energi, Kementerian ESDM Pasang Lampu LED di Gedung Setda Provinsi Jateng

Penyerahan lampu LED dari Kementerian ESDM. Foto: adri

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan hibah lampu Light Emitting Diode (LED) sebanyak 1.829 dipasang di Gedung Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Dengan penggantian lampu LED tersebut diklaim mampu lebih hemat biaya listrik Rp65 juta dalam satu tahun.

“Hibah lampu ini merupakan program ESDM dalam rangka konservasi dan efisiensi energi. Sebab penggunaan lampu LED bisa menurunkan energi. Penghematan nyata, dengan hitungat watt dikalikan berapa jam dan harga listrik. Hemat sekita 46 ribu KWH atau setara 65 juta per tahun, itu baru satu gedug,” kata
Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Jenderal Energi Baru, Hendro Gunawan, Kamis (16/3/2023).

Dia menyebut penggunaan energi secara efisien yakni dengan memakai alat elektronik yang hemat energi. Lampu LED diklaim lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu merkuri. Penghematan energi mampu menurunkan emisi gas karbon CO2. Hingga saat ini, penurunan emisi karbon CO2 sudah mencapai 91,5 ton.

“Kita masih punya target hingga 2030. Penurunan emisi karbon bisa dari berbagai sumber. Bisa dengan efisiensi energi dan penggunaan energi terbarukan. Presiden sudah menyampaikan bahwa Indonesia memiliki target penurunan emisi karbon sebesar 98 persen pada 2030,” jelasnya.

Sementara itu Plt Asisten Gubernur Jateng bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sujarwanto Dwiatmoko mengaku pihaknya sedang memantau perkembangan hasil penggunaan lampu energi terbarukan.

“Kita sedang pantau dan hasilnya bakal kita laporkan ke publik seberapa nilai penghematannya,” ungkapnya. adri-she

 

Written by Jatengdaily.com

Curi Emas Mahar Pengantin, Perempuan di Blora Ditangkap

Jalin Sinergitas, Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula Gelar Pelatihan Clinical Educator untuk Perawat