in

Dorong Percepatan Insfrastruktur Desa, SG Kembali Bangun Jalan Beton Senilai Rp 450 Juta di Desa Tegaldowo

Proses pembangunan jalan rabat beton sepanjang 500 meter di Desa Tegaldowo Kabupaten Rembang yang melibatkan masyarakat secara langsung dan merupakan dukungan PT Semen Gresik melalui program FMM. Foto:dok

REMBANG (Jatengdaily.com) – PT Semen Gresik kembali menyalurkan bantuan dalam bentuk pembangunan insfrastruktur untuk desa Tegaldowo Kabupaten Rembang senilai Rp 450.000.000. Penyaluran bantuan untuk operasional pembangunan jalan rabat beton sepanjang 500 meter yang telah terlaksana pada awal bulan Maret 2023.

Bantuan tersebut merupakan dukungan Semen Gresik melalui kegiatan Tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Forum Masyarakat Madani (FMM) dengan penyaluran total senilai Rp 1,75 miliar kepada 6 desa di sekitar perusahaan. Tidak hanya bantuan dalam kluster infastruktur, nilai tersebut juga dialokasikan untuk berbagai klaster yaitu pemberdayaan masyarakat berbasis partisipastif, serta kluster Sosial Budaya.

Senior Manager of Communication & CSR Semen Gresik, Dharma Sunyata, menyatakan bahwa pembangunan tersebut sebagai kegiatan padat karya dengan melibatkan para pekerja lokal desa, dikoordinir oleh pemerintah desa Tegaldowo yang bersinergi dengan Perusahaan.

“Pembangunan diharapkan menjadi efek domino sekaligus sebagai sarana pergerakan denyut perekonomian di masyarakat, dengan memperlancar akses transportasi ketika melakukan aktivitas perdagangan maupun jasa,” tandas Dharma pada keterangan rilisnya, Senin (13/3).

Lanjut Dharma, bantuan ini juga sebagai komitmen perusahaan dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur desa sesuai dengan tujuan SDG’s poin 9 yaitu ‘Membangun Infrastruktur yang Tangguh’.

“Harapan kami, agar program FMM mampu menjadi salah satu faktor pendukung pembangunan masyarakat desa dengan melibat aktifkan masyarakat desa secara partisipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga monitoring dan evaluasinya. Sehingga tercipta ekosistem sosial sehat, ekonomi meningkat dan desa berdaulat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tegaldowo, Kundari, menyampaikan terimakasih atas penyaluran bantuan pembangunan jalan beton. “Jalan tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga untuk mempermudah aktivitas serta meningkatkan perekonomian,” pungkasnya.St

Written by Jatengdaily.com

Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan, Untag Gelar Seminar Cegah Potensi Penyimpangan Sistem BPJS

SIG Catatkan Laba Tahun Berjalan Naik 18% jadi Rp2,499 Triliun, Diatribusikan ke Pemilik Entitas Induk Tumbuh 15,5% jadi Rp2,365 Triliun