in

Ganjar Bawa Jateng Hattrick Penghargaan Provinsi Layak Anak

Ganjar menyalami anak-anak pada Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 di Padma Hotel Semarang, Sabtu (22/7/2023) malam. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berhasil membawa Jawa Tengah kembali menerima apresiasi Pelopor Provinsi Layak Anak (Provila). Penganugerahan ini diraih Jateng secara tiga kali berturut atau hattrick di bawah kepemimpinan Ganjar. Ini membuktikan bahwa seluruh kabupaten dan kota di Jateng sudah mendapatkan predikat layak anak.

Penganugerahan yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak ini pertama kali diterima Jawa Tengah tahun 2021. Kemudian kedua kalinya diberikan bertepatan dengan Hari Anak Nasional tahun 2022.

Ganjar menyampaikan capaian Provila tiga kali berturut ini merupakan hasil komitmen dari Jawa Tengah dalam mengupayakan suasana aman yang bisa dirasakan oleh anak-anak.

“Ini sebenarnya bagian achievement kita untuk selalu bisa memberikan koreksi sehingga Kota Layak Anak betul-betul bisa terwujud,” kata Ganjar usai Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 di Padma Hotel Semarang, Sabtu (22/7/2023) malam.

Ganjar juga mengapresiasi kabupaten kota yang telah bersama-sama antusias dan berkomitmen penuh untuk mewujudkan perlindungan dan memenuhi hak anak.

“Kita harus bisa menunjukkan agar kota layak anak ini betul-betul bisa dirasakan oleh anak-anak, iya saya hidup di kota ini merasa nyaman, merasa aman dan enak dengan segala akses yang menjadi haknya dia,” tuturnya.

Sebagai informasi, tak hanya kabupaten kota yang menerima penganugerahan dari KemenPPPA. Institusi Polri juga diberikan apresiasi dan Polda Jawa Tengah menrima penghargaan tersebut.

“Artinya kolaborasi kita juga bisa melakukan sebuah tindakan yang cepat seandainya terjadi pelanggaran ini antara lain yang kita lakukan,” tandas Ganjar.

Sementara itu Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam sambutannya mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dari kepala daerah dan para penerima lain dalam upaya melaksanakan konstitusi dalam melindungi anak Indonesia.

“Pemberian penghargaan kabupaten kota layak anak ini terasa begitu istimewa dengan antusias pemerintah daerah dalam mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak,” ujarnya.

Sebagai informasi dari 35 kabupaten/ kota di Jateng yang mendapatkan penghargaan, 15 kabupaten/ kota mendapat predikat madya, 6 kabupaten/ kota dapat predikat pratama, 3 kabupaten/ kota dapat predikat utama dan sebelas kabupaten/ kota mendapat predikat nindya.

Sebelumnya di tahun 2018 dan 2019, Ganjar juga menerima penghargaan Penggerak Provinsi Layak Anak dari KemenPPPA.

Ganjar terus mendorong dan membina kepala daerah di 35 kabupaten/ kota satu nafas mewujudkan Kota Layak Anak. Hasilnya sejak 2021 Jateng berhasil
menjadi pelopor provinsi layak anak.St

Written by Jatengdaily.com

Semangati Santri Tahfidz Qur’an MAJT, Prof Noor Ahmad Siap Datangkan Guru Internasional

Dampingi Ganjar di Solo, Gibran Pakai Baju Garis Hitam Putih