in ,

ITB Semarang Membuka Pendaftaran Jalur KIP-Kuliah

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2023/2024, jalur Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah).

Wakil Rektor II, Dr. Hani Krisnawati., S.E., M.Si mengatakan, pada tahun 2023 ini, ITB Semarang membuka kesempatan bagi para calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik yang baik, namun keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan kuliah.

”ITB Semarang mendukung penuh program KIP-Kuliah agar pendidikan S1 dapat diraih oleh seluruh anak Indonesia. Keunggulan KIP adalah bebas biaya pandaftaran, bebas biaya administrasi, bebas biaya SPP atau uang gedung, dan bebas biaya regestrasi ulang. Bahkan, nantinya saat mahasiswa diterima, akan mendapatkan bantuan biaya hidup per bulannya,” jelasnya, Kamis (6/4/2023).

Menurutnya, Jalur KIP-Kuliah ini terbuka bagi lulusan SMA/SMK/MA sederajat lainnya, dengan lulusan tahun akademik 2023/2022/2021.

Syarat lainnya, calon mahasiswa punya potensi akademik yang baik, namun mereka berasal dari keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin dan atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen yang sah.

Adapun alur pendaftaran KIP-Kuliah di ITB Semarang adalah, calon mahasiswa baru harus mendaftar akun KIP-Kuliah 2023 secara online melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ kemudian mendaftar online PMB ITB Semarang di http://pmb.itbsemarang.ac.id/

Serta harus menyelesaikan pengisian data dan mendaftar seleksi mandiri PTS ITB Semarang melalui akun KIP-Kuliah dengan Kode PT-062007. Sedangkan berkas persyaratan pendafataran dikumpulkan di ruang pendaftaran kampus ITB Semarang dan file softcopy dapat dikirim ke email itbsemarang.mpr@gmail.com

Selain itu, calon mahasiswa baru mengisi surat pernyataan kesanggupan sebagai calon mahasiswa penerima KIP-Kuliah.

Adapaun proses seleksi akan dilakukan oleh pihak kampus ITB Semarang serta keputusan bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa baru jalur KIP-Kuliah tahun 2023 akan diumumkan melalui website resmi ITB Semarang. she 

Written by Jatengdaily.com

Timun Suri Buah Favorit Saat Berbuka Puasa Ternyata Punya Banyak Manfaat

Hadirkan Layanan Fixed dan Mobile Broadband Terbesar, Telkom Segera Integrasikan IndiHome ke Telkomsel