in

Menerima Kunjungan Studi Tiru MUI Kota Jambi, MUI Jateng Akui Padat Kegiatan Melalui Kerja Sama

Sekretaris MUI Jateng, KH Muhyiddin menerima cenderamata dari MUI Kota Jambi, Selasa (10/10/2023). Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Ketum MUI Jawa Tengah Dr KH Ahmad Darodji, MSi menegaskan, MUI yang dipimpinnya setiap tahun padat dengan kegiatan berbasis keumatan. Namun bukan berarti MUI Jateng mempunyai uang banyak.

“Uang kami pas-pasan, bisa menyelenggarakan kegiatan padat dan beruntun, karena dirintis melalui kerja sama dengan banyak mitra kerja. Bila dirupiahkan yaa setiap tahunnya mencapai miliaran rupiah,” tegasnya saat menerima rombongan studi tiru MUI Kota Jambi, Selasa (10/10/2023).

Rombongan sebanyak 50 orang tersebut, dipimpin Ketum MUI Kota Jambi, Prof Dr H Kasful Anwar MPd.

Dari MUI Jateng yang menerima selain Ketum, Ketua Dewan Pertimbangan, Drs KH Ali Mufiz, MPA, Sekum Drs KH Muhyidin, MAg, para unsur sekretaris Prof Dr KH Imam Yahya, Dr KH  Multazam Achmad, MA, KH Agus Fatudin Yusuf, MA.

Kemudian Direktur LPPOM Prof Dr KH Ahmad Rofiq, MA, Ketua Komisi Fatwa, Dr KH Fadlolan Musyafa, Lc, MA,  Ketua Komisi Hukum dan HAM, Drs Eman Sulaeman, MH, Ketua Komisi Infokom H Isdiyanto Isman SIP, Ketua Komisi Pemberdayaan Perempuan Dra Hj  Munawaroh Nurhadi, M.Si dan Komisi Seni Budaya, Adib Fathoni M.Si.

Sebagaimana diketahui, tambah Sekum H Muhyiddin, MUI Jateng tahun 2023 dibantu APBD Provinsi Jateng sebesar Rp600 Juta, tahun sebelumnya pada kisaran Rp400 Juta, dana itu untuk menutup operasional kantor dan gaji staf saja tidak cukup, apalagi untuk kegiatan.

Melalui kerja sama, terutama dukungan dari Badan Kesbangpol Jawa Tengah, maka kegiatan MUI Jateng mengalir. Para mitra kerja juga menyatakan puas kerja sama  kegiatan dengan MUI Jateng, karena kegiatannya selalu sukses dan kualitatif.

Kegiatan menonjol MUI Jawa Tengah, tegas Ketum Kiai Darodji, diantaranya membantu pemerintah daerah dalam bersosialisasi saat menghadapi pandemi Covid-19 lewat penerbitan fatwa hingga berbagai tausiyah yang dilansir di banyak media massa.

“Alhamdulillah tausiyah dan fatwa dipatuhi umat sehingga masyarakat Jawa Tengah cepat terbebas dari Covid,” tegasnya.

MUI Jateng juga sukses menggerakkan Ganas Annar Jateng untuk berkegiatan  melindungi masyarakat dari bahaya narkoba.

Kegiatan yang digerakkan meliputi halaqah ulama, pembuatan naskah khutbah Jumat serentak di 36 ribu masjid se-Jawa Tengah, jelas Kiai Darodji, bertema bahaya Narkoba hingga deklarasi anti narkoba yang dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo pada 27 Oktober 2017, diikuti sekitar 3000 orang.

Menurutnya, masih banyak kegiatan Ganas Annar Jateng, diantaranya sebagai tuan rumah Rakernas Ganas Annar se Indonesia, di Kota Semarang, pada medio 2023 yang diakui sukses.

Saratnya penyelenggaraan halaqah yang digelar MUI Jateng, Gubernur Ganjar Pranowo selama 10 tahun menjabat Gubernur, banyak hadir memenuhi undangan, baik hadir di awal acara, tengah acara hingga akhir acara.

Selama menjabat Gubernur, lanjut Kiai Darodji, Pak Ganjar memiliki concern tinggi terhadap kegiatan keumatan MUI.
Kegiatan selanjutnya, dalam rangka mengantisipasi Pemilu 2024, yang diprediksi suhu politiknya bakal menajamkan, MUI Jateng mengantisipasi dengan menggelar halaqah 4 seri bertema Pemilu damai dan bermartabat.

Halaqah pertama bertopik Pemilu berkah bukan musibah. Dilanjutkan seri 2 bertajuk, Menemukan pemimpin yang baik.
Sesi 3, pemilu damai. Janji kampanye adalah utang. Seri 4, Kemenangan pemilu, kemenangan bersama.

Ketum MUI Kota Jambi Prof Dr Kasful Anwar MPd, menyatakan bersyukur bisa berstudi tiru ke MUI Jawa Tengah. “Kami sengaja menggunakan diksi  studi tiru, bukan studi banding, karena kami ingin meniru kinerja MUI Jawa Tengah, yang diakui sebagai MUI dengan kinerja hebat. Jadi kami tidak berani membandingkan,” Akunya. St

Written by Jatengdaily.com

Bantu Pengadaan Sumur Bor, Ganjar Wujudkan Impian Warga Desa Terpencil Tasikmalaya Dapatkan Air Bersih

TNI dan Polri di Jateng Siap Amankan Pemilu 2024, Siapkan 22 Ribu Personel