in

TNI dan Polri di Jateng Siap Amankan Pemilu 2024, Siapkan 22 Ribu Personel

Polda Jateng menggelar kegiatan bertajuk Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Hotel Patra pada Selasa, (10/10/2023). Foto: Polda Jateng

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Guna mewujudkan sinergi antar unsur pelaksana dan pengamanan Pemilu 2024 di Jawa Tengah, Polda Jateng menggelar kegiatan bertajuk Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Hotel Patra pada Selasa, (10/10/2023).

Rakor Linsek tersebut dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan kewilayahan baik TNI-Polri, Pemerintah Daerah, KPU serta Bawaslu mulai dari tingkat Propinsi hingga tingkat Kota dan Kabupaten.

Dalam keterangannya dihadapan media usai memberi sambutan dalam kegiatan, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut Operasi Mantap Brata akan dimulai pada tanggal 19 Oktober 2023.

“Sebagai kesiapan, hari ini kita gelar Rakor Lintas Sektoral untuk menciptakan sinergitas dalam pengamanan dan penyelenggaraan pemilu,”tutur Kapolda.

Kapolda menyebut, sebanyak 22 ribu personel akan diterjunkan guna mengamankan TPS yang tersebar di lebih dari 117 ribu titik. Pengamanan akan dilakukan secara sinergi antara TNI-Polri.

“Giat pengamanan akan dilakukan kolaborasi antara TNI dan Polri, hari ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro terkait SOP pengamanan pemilu,”ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Kapolda berharap Pemilu 2024 di Jawa Tengah dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta persatuan dan kesatuan di masyarakat tetap terjaga.

“Dalam proses pemilu boleh saja terjadi perbedaan pilihan, Situasi bisa saja memanas, tapi prinsipnya persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat harus tetap dijaga karena nafas kita persatuan dan kesatuan diatas segala-galanya,” tegasnya.

Sebagai langkah antisipasi untuk meredakan situasi di tengah masyarakat selama proses Pemilu, Kapolda telah menyiapkan Satgas Cooling System.

“Jadi Satgas Cooling System ini gunanya untuk mendinginkan masyarakat kita yang mengikuti Pemilu. Satgas ini terbagi menjadi satgas manajemen media, sosial dan kemitraan,” jelasnya.

Kapolda menyebut, untuk menjaga situasi di tengah masyarakat tetap dingin, upaya Cooling System perlu dilakukan secara bersama oleh unsur TNI Polri dan Pemerintah Daerah mulai dari tingkat Propinsi hingga Kabupaten/Kota.

Diakhir keterangan Kapolda menegaskan pada prinsipnya Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro siap untuk melakukan pengamanan Pemilu 2024.

Sementara itu Pj. Gubernur Jateng Komjen Pol (Purn.) Nana Sudjana mengungkapkan apresiasinya atas digelarnya Rakor Linsek ini.

“Saya ucapkan terimakasih atas upaya yang dilakukan Polda Jateng untuk menciptakan sinergi dari unsur pelaksana pengamanan pemilu, Kita harapkan di Jawa Tengah pemilu mendatang berjalan sukses, aman dan damai,” tandasnya. she

Written by Jatengdaily.com

Menerima Kunjungan Studi Tiru MUI Kota Jambi, MUI Jateng Akui Padat Kegiatan Melalui Kerja Sama

Platform OCA Milik Telkom Dongkrak Pendapatan Wajib Pajak Kendaraan hingga 40% di Kulon Progo