in

USM dan PT PPSD Jalin Kerja Sama di Bidang Penelitian, Pengabdian, dan Pendidikan

Penandatanganan nota kesepahaman bersama ditandatangani Rektor USM, Dr Supari ST MT dan Direktur Keuangan PPSD, Pramusinto SE MM pada 7 September 2023 di Ruang Sidang Rektor, Gedung Menara USM. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Universitas Semarang (USM) dan PT Pembangunan Perumahan Semarang-Demak (PPSD) menjalin kerja sama di bidang Penelitian, Pengabdian, dan Pendidikan.

Penandatanganan nota kesepahaman bersama ditandatangani Rektor USM, Dr Supari ST MT dan Direktur Keuangan PPSD, Pramusinto SE MM pada 7 September 2023 di Ruang Sidang Rektor, Gedung Menara USM.

Penandatangan MoU disaksikan Wakil Rektor I USM, Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Wakil Rektor II USM, Dr Titin Winarti SKom MM, Wakil Rektor USM III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, dan Dekan Fakultas Teknik USM, Dr Purwanto ST MT.

Menurut Rektor, tujuan kerja sama USM dengan PPSD bersinergi meningkatkan bidang penelitian, bidang pengajaran, bidang pengabdian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di lokasi proyek PPSD dan sekitarnya.

”Tujuan dari penandatanganan kerja sama ini adalah untuk melakukan sinergi dalam kegiatan-kegiatan bersama antara PT. Pembangunan Perumahan Semarang Demak dan Universitas Semarang. Hal-hal yang menjadi kerja sama antara lain karena USM adalah perguruan tinggi, jadi mencakup bidang penelitian, bidang pengajaran, bidang pengabdian masyarakat, serta di bidang penelitian dosen-dosen,” ujarnya.

Mahasiswa USM, katanya, bisa meneliti skripsi atau tesis penelitian terkait area dan pekerjaan yang dilakukan oleh PT. Pembangunan Perumahan Semarang Demak. Selain itu juga terkait dengan pengabdian untuk kesejahteraan masyarakat yang berada di kawasan proyek tersebut.

”Kami akan hadir bersama untuk masyarakat Semarang-Demak terutama yang berada di area proyek jalan tol Semarang-Demak untuk bersama-sama memberikan manfaat lebih. Kemudian dari segi pengajaran kami ingin melibatkan rekan-rekan yang ada di PT pembangunan perumahan Semarang Demak ini ikut berbagi ilmu, dan menyampaikan kepada mahasiswa di kelas tentang hal-hal praktis yang diperlukan di lapangan, sebagai bahan pembelajaran,” ungkapnya.

Supari berharap, dengan adanya kerja sama ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar Jalan Tol Semarang – Demak, dengan pengabdian yang dilakukan oleh sivitas akademika USM.

”Kami berharap, kerja sama antara USM dan PPDS ini akan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat. Tentu ada potensi-potensi yang dapat ditingkatkan kesejahteraannya, misalnya ditumbuhkannya objek-objek wisata di sekitar tol Semarang Demak, munculnya UMKM-UMKM yang akan dibina oleh USM untuk masyarakat yang berada di sekitaran jalan tol tersebut, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Akhirnya hal-hal yang kecil seperti itu bisa memberikan manfaat yang lebih pada masyarakat Semarang-Demak,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Direktur Keuangan PPSD, Pramusinto SE MM. Menurutnya, PPSD menggandeng USM untuk mengembangkan potensi di daerah Jalan Tol Semarang – Demak di bidang perekonomian sektoral, pendidikan, dan pengabdian.

”Pada prinsipnya, kami sebagai badan usaha jalan tol di Jawa Tengah khususnya di Semarang Demak mempunyai program menggandeng dunia pendidikan untuk bersama-sama ikut mengembangkan potensi di daerah kita untuk memajukan perekonomian sektoral. Jadi target kami pada MoU ini adalah untuk penelitian untuk tanggung jawab sosial, magang mahasiswa, magang dosen dan penelitian lain yang kaitannya dengan bisnis dengan UMKM dengan lingkungan di sekitar kawasan tol dari Semarang ke arah Demak,” jelasnya.

Dia berharap, dengan menggandeng dari kampus akan muncul ide-ide baru yang bisa diterapkan dalam proses konektivitas antara tol dengan pertanian dengan kawasan pariwisata, dengan perhubungan, dengan pelabuhan sehingga manfaat dari tol ini bisa dinikmati oleh masyarakat secara umum,” tandasnya.St

 

Written by Jatengdaily.com

Membanggakan, Putri Ariani Lolos ke Babak Final America’s Got Talent 2023

Hadirkan Solusi Digital dari Hulu ke Hilir, Biofarma Group Beberkan Inovasi Transformasi Digital di AIPF 2023