in ,

Anik Kustirini, Dosen USM Raih Gelar Doktor di Unissula

Anik Kustirini, Dosen USM raih gelar Doktor di Unissula. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Dosen Universitas Semarang (USM) Anik Kustirini berhasil meraih gelar doktor dari Program Doktor Teknik Sipil Unissula (PDTS) Unissula.

Ia berhasil lulus dalam ujian terbuka doktor dan meraih indeks prestasi kumulatif 3,71 yang dihelat di kampus Unissula Selasa (13/2/2024). Disertasinya bertema perilaku beton geopolimer pada kekangan pasif terhadap beban konsentris.

Menurutnya perkembangan material beton menuntut perbaikan atas perilaku alami beton yang getas (brittle) menjadi daktail (ductile). Material geopolimer getas, menimbulkan permasalahan terhadap daktilitasnya terutama untuk komponen struktur kolom. Daktitilitas dapat dicapai jika struktur kolom dipasang tulangan sengkang sebagai pengekang.

“Beton Geopolimer mempunyai sifat yang ramah lingkungan karena tanpa semen. Namun perilaku tegangan regangan geopolimer mempunyai sifat yang getas dibandingkan beton normal. Dengan demikian tulangan confined memegang peranan penting dalam meningkatkan daktilitas beton geopolimer”, ungkapnya.

Upaya penggunaan material beton geopolimer berbahan dasar fly ash sebagai pengganti semen Portland meruapakan material yang relative baru dan ramah lingkungan. Kemampuan material geopolimer dalam berperilaku daktail pada kondisi tekan memungkinkan keuletannya dalam struktur, geopolimer perlu diberikan pengekangan.

Perilaku kekangan beton geopolimer hingga saat ini masih belum banyak. Di dalam penelitiannya ia mengembangkan secara lebih komprehensif terhadap perilaku beton geopolimer yang dikekang dengan sengkang bulat maupun persegi.

Dari hasil penelitiannya didapatkan kesimpulan bahwa pengembangan material beton geopolimer yang diperkuat dengan tulangan lateral telah dibuktikan mampu meningkatkan perilaku yang daktail.

Para penguji dalam ujian terbuka doktor antara lain Prof Ir Pratikso MST PhD, Prof Dr Ir S Imam Wahyudi DEA, Dr Ir Sumirin MS, Ir Prabowo Setiyawan MT PhD, Prof Dr Ir Antonius MT, Dr Abdul Rochim ST MT serta Dr Purwanto ST MT. Gelar doktor tersebut merupakan anugerah menjelang hajatan Pemilu 2024 yang akan dihelat Rabu, 14 Fenruari 2024. she

Written by Jatengdaily.com

Bekali Penggunaan Bahasa Ruang Publik, SMA Islam Al Azhar 15 Gandeng Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

Respons Banjir Demak dan Grobogan, LAZiS Jateng Kirim Bantuan untuk Warga Terdampak