in

Antisipasi Kecelakaan Lalulintas Fatal, Satlantas Polres Demak Gelar Ramp Check

Petugas gabungan Satlantas Polres Demak dan Dinas Perhubungan serta PT Jasa Raharja saat mengecek kelayakan jalan bis pariwisata di terminal wisata Kadilangu Demak. Foto : sari jati

DEMAK (Jatengdaily.com) – Satlantas Polres Demak bersama tim gabungan dari Dinas Perhubungan, PT Jasa Raharja serta Sidokkes Polres Demak melaksanakan ramp check ada sejumlah bus ariwisata di terminal wisata Kadilangu, Sabtu (18/06/2024).

Ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum diintensifkan guna meningkatkan dan mewujudkan keselamatan lalulintas angkutan jalan, sehubungan terjadinya kecelakaan lulintas maut di Subang Jabar hingga menelan 11 korban jiwa.

Kegiatan dipimpin Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Demak Ipda R Suko, didampingi Kanit Penegakan Hukum Iptu Bambang Soesilo. Sedikitnya 10 bus pariwisata diperiksa secara random terkait kelayakan jalan, kelengkapan surat-surat kendaraan, hingga kondisi kesehatan pengemudi dan kru bus.

“Pengecekan akan kami lakukan secara rutin dan komprehensif, baik dari aspek kelaikan kendaraan maupun kesehatan sopir bus wisata itu sendiri,” kata Kasatlantas Polres Demak, AKP Lingga Ramadhani.

Dalam kegiatan itu, petugas melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan, mulai dari pengecekan mesin, lampu, spion, alur ban, pengereman hingga sistem kemudi. Selain itu juga pengecekan soal sarana penunjang keselamatan seperti P3K, APAR, alat pecah kaca jika terjadi emergency serta administrasi kendaraan.

“Sedangkan untuk pengemudi selain cek tekanan darah, dilakukan juga cek urine untuk memastikan tidak sedang dalam pengaruh minuman keras atau narkoba dan obat-obatan terlarang,” ujarnya.

Di sisi lain, Rohmat (41) pengemudi Bus Selokaton Trans asal Gondoarum, Pagaruyung, Kendal mengaku senang ada pengecekan oleh pihak kepolisian terkait kelayakan jalan bis pariwisata yang dikemudikannya.

“PO kami melayani khusus pariwisata. Tidak hanya area Jawa tengah, tapi juga tujuan Jawa Timur bahkan luar Jawa hingga Sumatera. Memang penting adanya pemeriksaan berkala seperti ini, sebab jika dilakukan secara mandiri pastinya sering tidak sempat. Bagus, apalagi tidak menyulitkan,” ungkapnya.

Bagi bus pariwisata yang telah diperiksa kelayakan jalannya dan memenuhi kriteria keselamatan, petugas memberikan sticker layak jalan. Kemudian mempersilakannya melanjutkan perjalanan. rie-St

 

Written by Jatengdaily.com

SKK Migas – KKKS Salurkan Bantuan Bencana Banjir – Longsor di Sumatera Barat

Siapkan Atlet Dunia, Pengprov TI Jateng Gelar Liga Cadet Piala Rektor USM 2024