in

Antusias Tinggi, Ratusan Ribu Warga di Jateng Daftar Pengawas TPS Pemilu 2024

Pendaftaran Pengawas TPS Pemilu 2024. Foto: Bawaslu Jateng

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Jawa Tengah Rofiuddin mengatakan, sebanyak 132.237 warga di Jawa Tengah mendaftarkan diri sebagai calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2024. Mereka mendaftarkan diri ke Kantor Panwaslu Kecamatan yang tersebar di 576 Kecamatan di Jawa Tengah. Dari jumlah keselurahan, jumlah pendaftar tersebut melebihi dari jumlah yang akan diterima sebagai Pengawas TPS. Jumlah kebutuhan Pengawas TPS dalam pemilu 2024 se-Jawa Tengah sebanyak 117.299.

Jumlah pendaftar sebanyak 132.237 tersebar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Beberapa kabupaten/kota dengan jumlah pendaftar sangat banyak antara lain: Brebes: 7.287, Banyumas: 6.494, Cilacap: 6.633, Pemalang: 5.403, Kota Semarang: 5.596, Pati: 5.129, Kab Tegal: 5.087 dan lain-lain. Jumlah terbesar ini merujuk pada jumlah kebutuhan TPS di masing-masing daerah. Di daerah-daerah tersebut memang jumlah TPS-nya cukup besar.

”Panwaslu Kecamatan se-Jawa Tengah melakukan proses seleksi setidaknya dua tahap, yakni tahap seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Seleksi administrasi guna memastikan pendaftar atau calon Pengawas TPS benar-benar memenuhi syarat sebagai PTPS. Misalnya, harus WNI, berusia paling rendah 21 tahun, berpendidikan SMA atau sederajat dan lain-lain. Adapun seleksi wawancara dilakukan untuk memastikan calon PTPS benar-benar layak menjadi PTPS,” jelasnya, Rabu (10/1/2024).

Pada Rabu (10 Januari 2024), Panwaslu kecamatan se-Jawa Tengah mengumumkan pendaftar yang lolos seleksi adminitrasi. Selanjutnya, mereka yang lolos administrasi akan mengikuti seleksi wawancara.

Panwaslu kecamatan juga membuka kanal/ruang tanggapan/masukan dari masyarakat terkait dengan calon-calon PTPS. Jika ada calon PTPS yang dianggap tak memenuhi syarat ataupun dianggap memiliki catatan/jejak rekam buruk maka warga bisa melaporkan ke Panwaslu Kecamatan di masing-masing daerah. she

Written by Jatengdaily.com

Kaprodi S1 Akuntansi Unissula Raih Gelar Doktor dari UiTM Malaysia

Operator SPBU Undip Tembalang Sigap Tangani Letupan Api, Operasional dan Pelayanan Dihentikan Sementara